Foto : @ariefnoviant

Belakangan ini minuman seperti kopi kini banyak mengalami peminat. Sebenarnya tidak hanya pada akhir-akhir ini, memang sejak dulu minuman kopi ini memang sudah sangatlah populer di kalangan banyak orang. Hampir semua warung yang ada selalu menyediakan minuman hangat dan terkenal sebagai penahan kantuk ini. Semakin kesini banyak sekali variasi minuman kopi yang bisa dinikmati oleh para penggemar kopi.

Jenis kopi mulai dari adanya kopi tubruk, kopi hitam, kopi susu, dan banyak jenis lainnya yang tersedia di warung-warung pada umumnya. Berbeda dengan Jogja yang memiliki kopi khas dengan nama kopi Klothok yang berada di Kaliurang. Kopi Klothok ini merupakan salah satu kopi yang dibuat dengan cara air direbus dengan bubuk kopi sekaligus. Kopi klothok ini merupakan salah satu penyajian kopi dengan cara tradisional.

Saat Anda bermain ke Jogja khususnya daerah Kaliurang tidak afdol jika Anda belum mencicipi kopi klotok di Warung Kopi Klothok daerah Kaliurang ini. Dengan cara penyajian yang berbeda tentu akan menghasilkan cita rasa yang berbeda pula. Oleh karena itu, sempatkan mencoba kopi Klothok ketika Anda lagi berlibur di Jogja. Berikut ini informasi menarik terkait Warung kopi legendaris di Kaliurang.

Selain menyediakan aneka kopi Anda juga bisa mendapatkan aneka camilan dan juga masakan dengan harga yang sangat terjangkau dengan rasa yang tidak kalah enak dengan masakan rumahan. Penyajian pemandangan di desa Kaliurang ini sangatlah segar. Menikmati menu makanan yang sangat menggoda dan menyeruput kopi dengan pemandangan pedesaan yang sangatlah indah.  Kopi ini hanya diberikan harga Rp5 ribu rupiah, Anda juga bisa menyantap aneka gorengan.

Letak Warung Kopi Klothok Kaliurang

Warung ini berada di Jl. Kaliurang KM 16, jika diakses dari pusat kota Jogja sekitar 15 KM hingga 16 KM. Saat hendak ke tempat ini sangatlah disarankan untuk menggunakan sepeda motor ataupun mobil pribadi. Lokasinya memanglah tidak cukup jauh dengan kota dan berada di area sawah Pakembingangun, kecamatan Pakem, dan Warung Kopi Klothok masuk kabupaten Sleman.

Bagi Anda backpacker yang sedang berada di Jogja belum lengkap rasanya jika belum mencoba salah satu kopi terenak di Jogja seperti Kopi Klothok di Kaliurang ini. Warung ini tidak hanya menyediakan kopi saja tetapi juga menyediakan aneka makanan yang bisa disantap di suasana yang sangat asri ini.

Kondisi Warung

Pintu masuk warung ini didesain dengan menggunakan pintu kayu yang rendah. Para pengunjung yang memiliki tinggi yang lumayan, haruslah menunduk agar tidak kepentok oleh pintu yang sengaja dibuat sedikit merendah. Uniknya, pintu masuk ini pun memiliki filosofi yang menarik dalam jawa, yakni menunduk sebagai bentuk penghormatan dan juga sopan-santun tamu kepada pemilik rumah Warung Kopi Klothok. Selain itu, tempatnya pun sangat nyaman dengan desain interior yang sangat mendukung tempat ini

Warung ini selalu ramai didatangi pengunjung. Khususnya di hari Sabtu ataupun weekend. Banyak yang mengeluh tidak mendapatkan tempat apabila datang di waktu tersebut karena saking banyaknya pengunjung yang ingin dijamu di sana. Warung ini buka setiap hari dengan mulai pukul 07.00 – 21.30 WIB

Aneka Menu Warung Kopi Klothok

Di sini banyak sekali menu makanan yang bisa Anda rasakan. Menu makanan utama di warung ini ada sayur lodeh dengan berbagai jenis, telur dadar gulung, tempe goreng, dan juga sambel uleg.  Sedangkan menu minumannya ada kopi Klothok tentunya, teh sereh, dan lainnya. Warung Kopi Klothok tidak hanya menyediakan makanan dan minuman, Anda juga bisa menikmati camilan yang disediakan.

Beberapa menu di sini pun dijual dengan sistem paket yakni makanan dan minuman. Makanan disini memang seperti masakan tradisional dengan aneka lodeh, tetapi rasanya tidak bisa membohongi lidah para pengunjung.

Nah, itulah beberapa hal mengenai Warung Kopi Klothok Kaliurang yang bisa Anda ketahui. Menghabiskan waktu transit di sini tidak ada ruginya, kondisi warung yang sangat bagus dengan aneka ornamen cantik yang menghiasi ruangan. Ditambah lagi dengan adanya pemandangan yang cukup indah serta suasana sejuk yang mungkin akan sulit Anda dapatkan di perkotaan ini menjadi salah satu keunggulan tersendiri bagi warung tersebut.