Sebagai bentuk kontribusi Dinas Pariwisata DIY dalam melestarikan Yogyakarta sebagai City Of philosophy pada hari Selasa, 11 Mei 2021 bertempat di Ruang Rapat Kepala Dinas Pariwisata DIY diadakan rapat internal “Rencana pengelolaan nominasi warisan budaya untuk tahun 2022 – 2025”.

Rapat dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing subbbagian dan bidang, dipimpin langsung oleh ibu Anita Verawati selaku Sekretaris Dinas. Berdasarkan rapat koordinasi yang diadakan oleh Balai Pengelolaan Kawasan Sumbu Folosofis dibawah naungan Dinas Kebudayaan yang berlangsung pada Rabu, 05 Mei 2021 melalui Zoom Meeting, disebutkan area nominasi yang diusulkan menjadi warisan dunia meliputi 2 (dua) wilayah administrasi Kota Yogyakarta dan Kab.Bantul.

Kawasan nominasi berada di Kawasan Cagar Budaya Kraton yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya peringkat nasional dan Kawasan Cagar Budaya Imogiri sebagai peringkat provinsi dan dalam proses untuk peringkat nasional, melingkupi wilayah7 kemantren Kota Yogyakarta antara lain Kemantren Gedong Tengen, Ngampilan, Danurejan, Jetis, Kraton, Gondomanan, Mantrijeron dan 2 kapanewon Kab. Bantul : Kapanewon Sewon dan Imogiri.