Vaksinasi COVID-19 Bagi Pelaku Industri Pariwisata di Destinasi Wisata

93

#SobatVisitingJogja, sebagai upaya mempercepat akselerasi vaksin di Daerah Istimewa Yogyakarta, diselenggarakan vaksin wisata bagi pelaku wisata dan ekonomi kreatif serta warga sekitar di Pinus Sari, Mangunan, Bantul dan Geosite Ngingrong, Gunungkidul pada Rabu (28/7).

Vaksinasi bertempat diikuti kurang lebih 1000 peserta dan dimulai serentak di 2 lokasi destinasi wisata mulai pukul 08.00 WIB. Pelaksanaan vaksinasi ini bertujuan untuk menyiapkan ketahanan SDM bidang pariwisata dan ekraf di DIY. Diharapkan upaya menuju herd immunity bisa terealisasi, sehingga ekonomi DIY dapat mulai bangkit, dimulai dari sektor pariwisata.

Hal ini juga merupakan bagian dari inovasi pelaksanaan vaksinasi di destinasi pariwisata yang memiliki fungsi ganda, yaitu promosi destinasi dan promosi kesehatan. Turut hadir dalam pelaksanaan vaksinasi, Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih dan Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo serta Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita di Pinus Sari, Mangunan, Bantul. Sedangkan di Geosite Ngingrong dihadiri Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta beserta jajaran dari BOB dan Dinas Pariwisata DIY. Vaksinasi hari ini juga sekaligus bersamaan dengan Rakordal Triwulan 2 Pemda DIY yang dipimpin Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan dihadiri Menteri Parekraf RI, Sandi Uno secara virtual.

Menteri Parekraf RI mengajak seluruh pelaku wisata dan masyarakat untuk turut serta mencegah penyebaran COVID-19 dengan cara vaksinasi. Semoga semua upaya yang telah dilakukan bersama, akan membawa hasil terbaik. Tetap semangat dan jangan lupa untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan (5M).