Program pemutaran film Gambar Bergerak edisi Nov. 2021: Sepanjang Kenangan yang Semakin Pendek

Jumat, 19 November 2021
Pukul 15.30 WIB & 19.30 WIB
di Gedung Layang-layang
Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)
Reservasi melalui www.psbk.or.id

Segala entitas tidak terlepas dari ruang dan waktu. Manusia, salah satu entitas yang paling rumit, memiliki ruang dan waktunya sendiri dalam menjalankan perannya yang niscaya akan menua. Pada prosesnya, manusia dapat mengolah ruang dan waktu melalui kenangan yang dapat membuat sisi manusia menjadi lebih manusiawi; membantu mengenal diri, mengendalikan emosi, dan seringkali memberi cara pandang yang berbeda.

Kenangan sebagai ‘instrumen riwayat hidup’ untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis. Dengan mengenang masa lalu atas suatu tempat atau kejadian tertentu, kenangan memiliki peran penting terlebih bagi orang yang tumbuh menua dengan berbagai pengalaman atas dinamika kehidupannya.

Gambar Bergerak kali ini menghadirkan lima cerita kenangan yang dapat terus disampaikan kembali melalui medium film. Tentang bagaimana manusia yang tumbuh menua melakukan peran dan fungsinya di dalam ruang dan waktunya masing-masing.

Programmer tamu Arie Kamajaya
_
Gambar Bergerak merupakan program pemutaran regular yang digagas oleh PSBK dan bekerja sama dengan Forum Film Dokumenter. Bertujuan untuk menghadirkan ruang tonton alternatif yang menawarkan wacana kontekstual melalui pilihan film yang diputar. Pada saat yang bersamaan, ruang ini sekaligus menjadi ruang pembelajaran dan pengayaan wawasan tentang film itu sendiri.

Mohon Diperhatikan:
Penonton diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan selama berada di area PSBK saat kegiatan pemutaran berlangsung. PSBK juga telah menyediakan QR Peduli Lindungi yang bisa diakses pada saat memasuki dan keluar dari venue.