Event seni pertunjukan internasional yang dirancang oleh Dinas Pariwisata DIY ini berlangsung sejak tahun 2010. JISP berusaha merangkul dan melibatkan seniman-seniman dari berbagai negara, sebagai sebuah acara yang diharapkan menjadi ruang silaturahmi budaya antar bangsa.

Iklim berkesenian di Yogyakarta yang tumbuh dengan pesat dan kekayaan seni budaya yang terawat dengan baik menjadi daya tarik seniman-seniman luar negeri untuk selalu hadir dalam setiap perhelatan kesenian di Yogyakarta.

Namun ketersediaan ruang pertunjukan yang terbatas menjadi salah satu kendala bagi berbagai ekspresi seniman. Ruang publik yang sejatinya adalah ruang ekspresi dan tempat membangun kohesi masyarakat masih sangat terbatas jumlahnyaq. Disamping itu kesenian yang tumbuh secara organik harus disikapi secara terbuka dengan lebih mendekatkan produk-produk kesenian mereka kepada masyarakat.

Street Performance adalah salah satu cara dan strategi menghadapi situasi dan gejala tersebut. Destinasi pariwisata yang terus bertumbuh memberi jawaban atas kebutuhan ruang ekspresi itu. Sebaliknya, ketika produk-produk kesenian makin subur,
maka destinasi akan menjamur…

Sayang sekali kita masih belum terlepas dari kungkungan pandemi global ini. Sehingga ruang itu menjadi sempit dan tidak lagi bebas digunakan.

Tahun ini, JISP akan diselenggarakan secara daring dengan berbagai pertunjukan dari Yogyakarta dan berbagai daerah di Indonesia.

Saksikan JISP 2021 di 2 channel YouTube berikut:

📺 Jogja Art Festivals
📺 Visiting Jogja TV

22 dan 23 November 2021 | 19.30 WIB