Arsip merupakan identitas dan harkat sebuah bangsa, karena melalui arsip dapat tergambar perjalanan sejarah bangsa dari masa ke masa. Betapa pentingnya arsip ini, sehingga tingkat keberadaban suatu bangsa dapat dilihat dari pemeliharaan dan pelestarian terhadap arsipnya.

Diorama Arsip Jogja,menggambarkan bukti nyata untuk menghidupkan arsip sejarah DIY dan merupakan sebuah upaya untuk mengenalkan sejarah DIY secara runtut dari masa Panembahan Senopati hingga Keistimewaan DIY kepada generasi muda dengan cara yang menarik.

Setiap pengunjung dapat membayangkan dan merasakan pengalaman sejarah mendekati seperti sebenarnya, diorama ini dibangun dan ditampilkan melalui perpaduan arsip, seni dan teknologi.dengan harapan pengunjung, khususnya pelajar, mahasiswa, akademisi, ataupun peneliti bisa memanfaatkan diorama kearsipan. Sebab, diorama memberikan akses arsip sejarah yang luas yang bisa digunakan untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, dan pembangunan. Di mana kaidah-kaidah kearsipan dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan bangsa

Diorama Arsip Jogja dapat dikunjungi oleh masyarakat umum secara individu maupun kelompok dengan mengakses website arsipjogja.id untuk pemesanan tiketnya.

Lokasi Diorama Arsip Jogja :

LT 1 Gedung DEPO ARSIP

Jl. Janti, Banguntapan, Kabupaten Bantul,

Daerah Istimewa Yogyakarta 55198 Indonesia

email    :   dpad@jogjaprov.go.id

telp       :   (0274) 5018820

Jam Operasional :

Buka Selasa – Minggu pukul : 09.00 WIB – 16.00WIB

Khusus Jumat pukul: 09.00 WIB – 14.30 WIB

Senin dan hari libur nasional TUTUP

Jadwal Khusus Selama Ramadhan 1443 H

Jam Operasional :

Senin – Kamis pukul 09.00 – 15.00 WIB

Khusus Jumat pukul 09.00 – 11.00 WIB

Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional TUTUP