Siapa nih yang pagi-pagi bingung mau sarapan apa di Yogyakarta? Terutama didaerah sepanjang Sumbu Filosofi dari Tugu hingga Panggung Krapyak. Yogyakarta memang memiliki bermacam-macam kuliner yang unik dan memiliki cita rasa tersendiri, karena terlalu banyak kuliner yang ada di Yogyakarta membuat kalian bingung harus mencoba dari mana dahulu.  Oleh karena itu kami telah menyajikan rekomendasi untuk menu Sarapan NgeHitz terutama untuk kalian yang berada di sepanjang Sumbu Filosofi. Yuk simak apa saja makanannya!

Berbagai menu pilihan dibawah ini

Kedai Terang Bintang

Untuk mengawali perjalanan kuliner sarapan kalian, kami buka dengan informasi Kedai Terang Bintang. Kedai ini ini merupakan kedai kopi yang bisa menjadi opsi sarapan kalian, dimana kedai ini menyajikan udon, rice bowl, roti butter, dan berbagai minuman seperti kopi dan coklat. Kedai ini terletak di Pasar Kranggan      dan buka dari pukul 09.00-22.00 WIB. Untuk harga menu di Kedai Bintang kisaran Rp.13.000 – Rp. 25.000.

Soto Sampah

Kemudian kita lanjut bergeser kearah Jalan Kranggan yang masih berada di sekitaran Tugu Jogja yaitu kuliner Soto Sampah. Berdasarkan namaya, Soto ini bukan berarti berbahan dasar sampah, melainkan karena penggunaan gajih sapinya yang membuat penampakan soto tersebut terkesan berantakan, maka dari itu Soto ini dijuluki Soto Sampah namun jangan salah, walaupun memiliki nama seperti itu Soto ini merupakan soto yang menjadi rebutan para pengunjung, selain karena namanya yang unik rasanya pun juga juara. Soto ini sudah sangat melegendaris sejak tahun 1970 yang berlokasi di belakang Pasar Kranggan melalui Jalan A. M. Sangaji dari Tugu dan soto ini terletak di kiri jalan. Buka dari jam 07.00 – 03.00 WIB, cocok untuk sarapan atau yang lapar dan bingung mau makan apa di tengah malam. Untuk harga soto ini dari harga Rp. 6.000 untuk soto ayamnya, Rp 8.000 untuk soto babatnya, kemudian Rp. 10.000 untuk soto sapinya.

Lupis Mbah Satinem

Selanjutnya kita bergeser kearah Jalan Pangeran Diponegoro tepatnya di Lupis Mbah Satinem. Lupis ini merupakan kuliner legendaris dijual langsung oleh Mbah Satinem yang berjarak 250 meter dari Pasar Kranggan kearah Jalan Pangeran Diponegoro, dengan benang kasur Mbah Satinem memotong-motong lupisnya dan ditambah dengan gatot, cenil kenyalnya, lalu diberi sentuhan akhir yaitu lumeran gula merah bewarna coklat yang dituangkan diatas parutan kelapanya, tentunya rasa gurih dan manis bercampur padu dengan sempurna di lidah. Kuliner ini sudah buka dari pukul 06.00-09.00 WIB jadi sangat cocok untuk kalian yang ingin menjelajah kuliner pagi hari.

Soto Lenthok Pak Gareng

Kemudian lanjut kita berjalan menuju Jalan Pangeran Mangkubumi melewati Tugu Jogja, Soto ini merupakan salah satu kuliner yang wajib untuk dicicipi ketika berwisata di Yogyakarta terutama untuk sarapan, melihat dari pengunjung yang datang tidak usah diragukan lagi soal rasanya, karena banyak orang yang datang untuk membeli selain karena penasaran banyak dari mereka yang termasuk pelanggan. Soto ini berlokasi di Jalan Pangeran Mangkubumi, Sosromenduran, Gedongtengen, Kota Yogyakarta atau di sisi utara Stasiun Tugu kiri jalan dari arah Tugu Jogja sebelum rel kereta api. Soto Lenthok Pak Gareng ini sudah buka dari pukul 06.00-13.00 WIB. Soto ini dibanderol dengan harga yang terjangkau yakni Rp. 12.000 saja.

Bubur Ayamnya Opa

Selanjutnya kita berjalan agak jauh dari daerah Malioboro namun masih dekat dari Sumbu Filosofi, lokasinya berada di Jalan Letjen Suprapto yaitu Bubur Ayamnya Opa. Bubur ini bukan seperti bubur biasa melainkan bubur hainan yang biasanya hanya bisa dinikmati di hotel berbintang 5 atau mungkin restoran besar. Bubur ini merupakan bubur milik finalis ajang pencarian bakat Indonesia Mencari Bakat (IMB) bernama Hudson Prananjaya. Bubur ini berlokasi sedikit jauh dari Jalan Malioboro yaitu di Jl. Karel Sasuit Tubun No.52, Ngampilan, Kota Yogyakarta atau dari arah Tugu Jogja melewati Jalan Mangkubumi kearah Stasiun Tugu di Jalan Jlagan Lor kemudian belok kiri kearah Jalan Letjen Supraptoyang sekitar 1 kilometer belok kiri di Jalan Karel Sasuit Tubun dan resto terletak di kiri jalan. sudah buka dari pukul 06.00-20.00 WIB. Maka dari itu menu ini cocok banget untuk menu sarapan kalian. Harga yang di banderol mulai dari Rp. 10.000.

Gudeg Mbah Lindu

Lalu lanjut untuk kuliner yang selanjutnya berjalan menuju Jalan Malioboro yaitu Gudeg Mbah Lindu yang sudah sangat legendaris di Yogyakarta, dimana Gudeg ini sudah buka sejak pukulan kolonial. Gudeg Mbah Lindu ini memiliki cita rasa yang otentik karena dimasak dengan cara yang masih tradisional hingga saat ini. Sangat cocok untuk sarapan pagi di daerah Malioboro yang terletak di Jalan Malioboro, Jalan Sosrowijaya Nomor 30 atau dari arah Tugu Jogja melewati Jalan Malioboro setelah Teras Malioboro 2 belok ke kiri memasuki gang lalu resto terletak di kanan jalan, Gudeg ini sudah buka dari pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB. Harga per porsinya di Gudeg ini cukup terjangkau yaitu Rp. 15.000 hingga Rp. 55.000.

McDonalds Malioboro Mall

Setelah mencicipi Gudeg Mbah Lindu, kini lanjut menuju menu kuliner modern yang berada di Malioboro Mall, mungkin jika menginginkan  sarapan dengan menu modern bisa mencoba McDonalds Malioboro Mall yang terletak didalam Malioboro Mall, karena restoran ini juga menjual menu sarapan yang sudah buka dari pukul 07.00 WIB. Mungkin restoran ini cocok untuk Kalian yang tidak suka atau sudah terbiasa untuk sarapan di McDonalds dan sedang berada di lokasi daerah Malioboro dan bingung mencari sarapan apa. Harga untuk menu sarapan sendiri kisaran Rp. 18.000 hingga Rp. 30.000.

Gudeg Yu Djum

Kini kita berpindah menuju kuliner gudeg lagi di daerah dekat dengan Malioboro Mall yang juga sudah melegendaris di Yogyakarta serta cocok untuk sarapan pagi yaitu Gudeg Yu Djum karena resto ini sudah buka dari pukul 07.00 – 22.00 WIB. Gudeg ini berlokasi di Jalan Dagen Nomor 2C, Sosromeduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta atau dari arah Tugu Jogja melewati Jalan Malioboro setelah Mall Malioboro belok kiri memasuki gang kemudian resto terletak di kanan jalan. Cita rasa dari Gudeg Yu Djum ini sangat enak dan kerap menjadi oleh-oleh keluarga. Harga per porsinya juga cukup terjangkau yakni Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000.

Soto Ayam 61

Setelah mencoba menu modern, kita berlanjut ke menu tradisional yang berkuah dan terletak di depan Ramayana Mall setelah Malioboro Mall dari arah Tugu Jogja yaitu Soto Ayam 61 ini berlokasi di Jalan Margo Mulyo Nomor 61, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta atau dari arah Tugu Jogja melewati Jalan Malioboro hingga Ramayana Mall dan resto terletak didepan persis Ramayana Mall, yang buka mulai dari 07.00-16.00 WIB, sangat cocok untuk menu sarapan ketika bingung ingin sarapan apa di daerah Malioboro dengan harga yang cocok. Per Porsi di bandrol dengan harga  Rp. 15.000.

Pempek Ny Kamto

Kemudian kita lanjut berjalan menuju belakang Soto Ayam 61 tadi yang terletak di depan Ramayana Mall serta masih dengan menu yang berkuah yaitu Pempek Ny Kamto. Resto ini merupakan pempek yang populer dan menjadi wisata kuliner yang wajib dicoba, karena resto ini sudah melegendaris maka dari itu sudah tidak perlu diragukan lagi soal rasanya. Pempek Ny Kamto ini memiliki banyak cabang di Yogyakarta, salah satunya cabang di Jalan Besakalan No. 3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogaykarta atau dibelakang Soto Ayam 61 memasuki gang depan Ramaya Mall sekitar 25 meter kiri jalan. Pempek ini sudah buka dari pukul 9.00 – 20.45 WIB. Harga pempek ini di banderol Rp 16.000 hingga Rp. 22.000. Cocok untuk kalian yang ingin sarapan dengan pempek di daerah kota Yogyakarta, cita rasanya yang sangat kuat membuat orang yang berkunjung ingin datang kembali.

Pecel Senggol

Setelah mencicipi menu berkuah, kita berpindah ke menu sayuran yang lokasinya tidak jauh dari Ramayana Mall yaitu di Pasar Beringharjo, nama resto tersebut adalah Pecel Senggol, Resto ini ini cocok banget jadi rekomendasi sarapanmu, selain bumbunya yang sangat enak, menu makanan ini merupakan menu sehat karena banyak menggunakan sayur-sayuran. Rasanya yang enak dan buka dari pagi hari membuat Pece; Senggol ini cocok sekali untuk sarapan. Pecel ini berlokasi tepatnya di dalam Pasar Beringharjo, buka dari pukul 06.00-16.00 WIB. Namun lokasi penjualan pecel ini sempit jadi banyak pembeli yang harus mengantre dan saling bersenggolan. Harga dari pecel ini sangat terjangkau yaitu Rp.10.000 saja.

Empal Bu Warno

Kuliner selanjutnya masih satu tempat dengan Pecel Senggol tadi yaitu di Pasar Beringharjo. Tempat makan ini bernama Empal Bu Warno, resto ini sangat legendaris karena sudah buka sejak tahun 1970. Empal ini memiliki rasa yang enak dan cocok untuk kalian yang ingin mencoba kuliner Jogja selain Gudeg. Kunci dari kelezatan empal ini terletak pada pemilihan daging sapi yang tidak sembarangan, karena tidak semua bagian daging sapi dapat dimasak menjadi empal yang lezat ini. Empal ini berlokasi di Pasar Beringharjo dan buka dari pukul 08.00-16.00 WIB. Harga perporsi disini lumayan merogoh kantong yaitu Rp. 22.000. Namun dengan harga segitu kalian akan merasakan sensasi kelezetan dari Empal Bu Warno ini.

Gado-Gado Bu Hadi

Lanjut untuk kuliner selanjutnya masih berlokasi di daerah Pasar Beringharjo dan masih dengan menu sehat selain Pecel Senggol tadi, yaitu Gado-Gado Bu Hadi, Gado-gado ini merupakan makanan legendaris juga yang terdapat di Yogyakarta, karena sudah berdiri sejak tahun 1952. Cita rasa nya yang khas dan lezat masih dipertahankan hingga saat ini maka dari itu banyak orang yang datang karena penasaran dan tidak sedikit juga yang datang karena sudah langganan. Untuk lokasi gado-gado ini berada di Jalan Pabringan No. 84, Ngupasan, Kecematan Gondomanan,  Kota Yogyakarta atau di belakang Pasar Beringharjo. Gado-Gado Bu Hadi buka dari pukul 09.00-15.30 WIB. Untuk harga per porsinya sangat terjangkau yaitu Rp.10.000.

Warung Brongkos Handayani

Sampai juga di menu rekomendasi terakhir dari kami yang berlokasi di daerah Alun – Alun Selatan yaitu Warung Brongkos Handayani. Warung ini sudah buka sejak tahun 1975,berlokasi di Jalan Gading No 2, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta atau dari Alun Alun Selatan kearah Plengkung Nirbaya Gading resto terletak di kanan jalan. Buka dari pukul 08.00-16.00 WIB, cocok banget untuk kalian sarapan disini karena tidak hanya menjual brongkos saja namun ada soto dan nasi pecelnya. Selain rasanya yang enak harganya juga cukup terjangkau yaitu mulai dari harga Rp. 16.000 hingga Rp. 40.000.  Banyak para pengunjung Brongkos Handayani yang ingin datang kembali setelah makan di restoran ini karena memang brongkos Handayani memiliki rasa yang berbeda dari brongkos lainya.