Foto : Ig @mbahcempluk.id

Ingkung Mbah Cempluk Bantul, Yogyakarta

Pesona wisata Yogyakarta memang sudah tak bisa diragukan lagi. Terutama wisata kuliner yang selalu membuat pelancong penasaran. Salah satunya Ingkung Mbah Cempluk yang sangat terkenal.

Apa Itu Ingkung?

Ingkung sebenarnya adalah ayam yang dimasak lalu disajikan dalam keadaan utuh. Dalam tradisi Jawa, Ingkung merupakan kelengkapan sesaji. Sekarang, Ingkung menjadi komoditas kuliner salah satunya di Warung Mbah Cempluk.

Pada umumnya, Anda mungkin terbiasa menyantap ayam per bagian. Mulai dari dada, sayap, atau bagian dada. Jika merasa bosan, coba pesan saja Ingkung ayam ini karena disajikan utuh, walaupun nantinya akan dipotong-potong sesuai selera Anda.

Di Warung Ingkung Mbah Cempluk sendiri, ayam akan disajikan secara utuh. Tidak seratus persen juga, karena bagian jeroan (ati, ampela, usus, dan lainnya) dikeluarkan lebih dahulu. Mbah Cempluk menyediakan menu Ingkung dalam 3 pilihan.

Ada yang digoreng, panggang, serta kukus. Jika Anda mau memesan Ingkung ayam untuk keperluan sesaji, Ingkung kukus adalah pilihan yang disarankan. Ketiga variasi Ingkung ayam Mbah Cempluk punya cita rasa lezat.

Lokasi dan Akses Menuju Lokasi

Warung ini berlokasi di Desa Wisata Santan, Kelurahan Gowasari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Jika dari Malioboro, tempatnya berjarak sekitar 15 kilometer. Anda bisa mengaksesnya lewat jalan Bantul sampai bertemu Ringroad Dongkelan.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke arah Masjid Agung Bantul, arahkan kendaraan ke Lapas Pajangan. Jika bingung, tanyakan pada warga sekitar arah ke Desa Santan menuju Warung Ingkung Mbah Cempluk.

Kelebihan

Punya Cita Rasa yang Khas

Selain Mbah Cempluk, sekitar lokasi juga banyak warung lain yang menyediakan menu Ingkung ayam. Namun, punya warung Mbah Cempluk ini dikenal punya cita rasa yang khas. Banyak yang bilang rasanya lebih kegurih-gurihan, kalau yang lain cenderung manis.

Hal ini karena Ingkung ayam Mbah Cempluk penyajiannya disiram dengan areh santan kelapa. Jadi, rasa gurih sedikit lebih mendominasi. Cocok buat Anda yang tak terlalu suka sajian menu manis.

Relatif Terjangkau

Kelebihan Ingkung Mbah Cempluk lainnya adalah harganya yang relatif terjangkau. Satu porsi Ingkung ayam jawa utuh kecil lengkap dengan sambal tomat hanya 100 ribu rupiah saja. Sementara 110 ribu rupiah porsi sedang dan 125 ribu rupiah untuk porsi ayam besar.

Menyediakan Ragam Menu Lain

Rasanya kurang lengkap jika makan Ingkung tanpa pendamping seperti sayur. Warung Mbah Cempluk juga menyediakan menu sayur seperti sayur lodeh, daun pepaya, oseng jantung pisang, serta sayur daun lompong.

Bosan makan Ingkung ayam? Tenang masih ada menu ikan lain sepert wader dan udang. Menu andalan di sana adalah wader Lombok hijau yang rasanya tak perlu diragukan lagi. Harganya pun sangat terjangkau, rata-rata mulai 10 ribu rupiah saja.

Itu dia tadi review singkat tentang Ingkung Mbah Cempluk. Rekomendasi warung yang menyediakan sajian Ingkung lezat dan murah.