Nah ini dia salah satu cara asyik menikmati Yogyakarta dengan cara yang berbeda, wajib banget kalian untuk cobain camping atau berkemah di Yogyakarta, karena camping adalah salah satu cara untuk healing terbaik masa kini, apalagi pilihan untuk ngecamp di Yogyakarta, dijamin makin istimewa. Kenapa pilihannya Yogyakarta? Karena Yogyakarta memang selengkap itu pariwisatanya, wisata alamnya yang masih asri di dukung dengan tersedianya semua wisata mulai dari bawah terdapat pantai, kemudian naik lagi terdapat perbukitan, dan terdapat pula gunung.

Karena banyaknya tempat wisata untuk camping groundnya, kami sudah merangkum menjadi 6 tempat camping di berbagai Kabupaten yang ada di Yogyakarta, diantara lain sebagai berikut :

Bukit Klangon Yogyakarta sudah lama dikenal sebagai salah satu tempat wisata dan camping favorit yang ada di Kabupaten Sleman. Objek wisata yang berada di lereng Gunung Merapi ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan, terutama anak-anak muda yang hobi mendaki dan camping. Lokasinya berada di Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berada diatas ketinggian membuat objek wisata Bukit Klangon memiliki udara yang sejuk. Bukit Klangon berjarak sekitar 36 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta melalui Jalan Pakem-Kalasan, dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

Objek wisata yang berada diatas ketinggian 1.200 mdpl ini menawarkan sensasi berlibur yang berbeda dari kebanyakan destinasi wisata alam lainnya. Sejauh mata memandang, panorama hijaunya pepohonan dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan akan memanjakan mata kalian. Dari atas bukit ini kalian bisa menyaksikan langsung pemandangan Gunung Merapi dengan jelas. Untuk biaya retribusi memasuki Bukit Klangon ini cukup membayar Rp. 5.000 saja, untuk parkir motor Rp. 2.000, mobil Rp. 5.000, kemudian jika ingin camping disini cukup membayar tarif Rp. 15.000 saja.

Selanjutnya masih di Kabupaten yang sama yaitu Sleman, Jika kalian ingin piknik atau camping  di pinggir sungai di lembah, salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Ledok Sambi. Ledok Sambi berlokasi di No.KM. 19, Jl. Kaliurang No.2, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki jarak 18 Km dengan waktu tempuh 50 menit dari Tugu Yogyakarta. Untuk view yang ditawarkan ditempat ini adalah nuansa alam dengan dilewati sungai ditengah-tengah tempat tersebut, sungai di Ledok Sambi ini memiliki kedalaman air yang rendah, jadi aman untuk anak-anak bermain air di sungai tersebut. Target pasar tempat ini adalah keluarga yang ingin merasakan piknik di pinggir sungai, karena anak-anak yang suka bermain air di sungai. Ditempat ini tidak ada biaya masuk hanya tidak boleh membawa makanan dari luar, harus membeli makanan yang ada di warung Ledok Sambi ini. Namun tidak menutup kemungkinan tempat ini digunakan untuk merasakan sensasi camping dipinggir sungai. Untuk biaya sewa lahan di Ledok Sambi jika membawa peralatan dan tenda camping sendiri cukup membayar Rp. 35.000 perorang. Jika tidak ingin membawa tenda, Ledok Sambi juga menyediakan tenda, untuk harga mulai dari Rp. 150.000. Kemudian Ledok Sambi juga menyediakan fasilitas tambahan seperti peralatan masak, api unggun, serta peralatan BBQ dengan harga mulai dari Rp. 50.000

Lokasi camping selanjutnya berada di Kabupaten Kulon Progo yang memiliki suasana di tepi waduk yaitu Waduk Sermo. Tempat ini merupakan tempat wisata yang juga menjadi camping ground. Jadi untuk mengakses tempat ini kalian tidak perlu merasa kesulitan karena jalan yang sudah rapi dan nyaman untuk dikendarai berbagai kendaraan. Kalian disarankan menggunakan kendaraan pribadi, sebab untuk mencapai lokasinya langsung tidak ada kendaraan umum yang tersedia. Waduk Sermo berlokasi di Sremo Tengah, Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjarak 37 Km atau 1 jam lebih 10 menit perjalanan dari Tugu Yogyakarta. Pemandangan yang ditawarkan Waduk Sermo adalah panorama alam yang indah antara bukit, pepohonan, dan air.

Fasilitias yang ditawarkan di tempat ini cukup banyak, terdapat beberapa gazebo di pinggir waduk yang dapat digunakan untuk duduk bersantai menikmati alam, bahkan kalian dapat memancing di waduk ini, karena tempat ini juga salah satu spot memancing di Yogyakarta. Dahulu tempat ini hanya digunakan untuk bersantai saja namun sekarang dapat digunakan untuk camping juga, karena suasana pagi siang sore bahkan malam disini sangat indah.

Untuk biaya retribusi tempat ini tergolong murah yaitu Rp. 5.000 perorang, untuk parkir motor Rp. 2.000, kemudian mobil Rp. 5.000. namun jika ingin camping cukup membayar Rp. 15.000 sudah termasuk retribusi masuk, parkir dan kamar mandi sepuasnya. Untuk jam check-in camping mulai dari jam 15.00 hingga 09.00 pagi harus sudah mulai membongkar tendanya, maka dari itu waktu yang cocok untuk menikmati sunset dan sunrise.

Tempat selanjutnya masih berada di Kabupaten yang sama yaitu Kulon Progo. Untuk tempat camping satu ini memiliki suasana yang berbeda dari Waduk Sermo tadi, yaitu Bukit Ngisis. Lokasi Bukit Ngisis ini cukup tinggi yaitu di ketinggian 900 mdpl yang berlokasi di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki jarak 38 Km atau 1 jam 15 menit perjalanan dari Tugu Yogyakarta.

Pemandangan yang ditawarkan Bukit Ngisis ini sangatlah indah, karena lokasinya yang berada di bukit, kita dapat merasakan suasana yang sejuk dan asri, selain itu pada pagi hari dapat menikmati sunrise yang sangat indah bersama awan-awan yang terlihat menghiasi terbitnya surya. Tentu cocok sekali bagi kalian yang ingin camping dan menikmati sunrise yang sangat indah, apalagi disini menyediakan paket-paket camping yang semakin memudahkan kita karena tidak perlu membawa banyak barang.

Terdapat 3 paket yang di sediakan oleh pengelola Bukit Ngisis,

Pertama Reguler Pack seharga Rp. 30.000, namun kita masih harus membawa tenda sendiri serta alat-alatnya, harga tersebut sudah termasuk fasilitas yang ada di Bukit Ngisis ini yaitu kamar mandi, listrik, air bersih, bahkan terdapat wifi ditempat ini.

Kedua Medium Pack seharga Rp. 150.000 untuk tenda berkapasitas 2 orang, dan Rp. 250.000 untuk tenda berkapasitas 4 orang. Harga tersebut juga sudah termasuk fasilitas yang disediakan.

Ketiga Premium Pack seharga Rp. 250.000 untuk 2 orang dan Rp. 400.000 untuk 4 orang. Dalam paket mendapat fasilitas yang lengkap, baik dari tenda, matras, bahkan sleeping bag. Jadi tidak perlu lagi khawatir kedinginan ketika tidur didalam tenda.

Selanjutnya kita beralih Kabupaten yaitu Bantul. Lokasi camping selanjutnya bernama Watu Mabur. Masih dengan view yang mirip dengan Bukit Ngisis, Tebing Watu Mabur menyajikan pemandangan diatas bukit yang indahnya tak kalah dengan Bukit Ngisis. Lokasi Tebing Watu Mabur ini berada di Lembah Bang, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjarak 26 Km dengan jarak tempuh 1 jam 5 menit dari Tugu Yogyakarta.

Para wisatawan yang camping di tebing ini biasanya menunggu moment ketika pagi hari saat sunrise, karena memang seindah itu pemandangannya, matahari terbit yang dihiasi lautan awan dibawahnya. Karena lokasinya berada di ketinggian maka udara ditempat tersebut juga sejuk. Selain orang datang untuk camping, banyak juga wisatawan datang untuk berswafoto di beberapa spot foto yang sudah disediakan tempat ini. Untuk tiket masuk ke Tebing Watu Mabur ini hanya Rp. 10.000 saja.

Masih berada di Kabupaten yang sama yaitu Bantul, terdapat tempat camping yang tak kalah asyik terutama bagi kalian yang suka menikmati pemandangan sungai, yak tempat selanjutnya bernama Potrobayan River Camp. Sesuai dengan namanya, Potrobayan menawarkan suasana ber camping ditepi sungai. Lokasi Potrobayan ini berada di Potrobayan, Srihardono, Kec. Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjarak 21 Km dari Tugu Yogyakarta dengan jarak tempuh waktu 55 menit.

Lokasi Potrobayan River Camp ini memang masih sangat alami belum banyak pembangunan, sehingga keasrian alam akan kalian dapatkan di sana. Yang paling menarik lagi di lokasi Potrobayan Camping Ground ini kalian akan mendapatkan aktivitas para peternak kambing yang angon kambing di sekitar sungai,sehingga kalian bisa berfoto dengan kambing dan domba di sekitar Sungai. Untuk tiket masuk disini sangat murah karena hanya cukup membayar parkir Rp. 2.000 saja, namun jika ingin bercamping disini terdapat paket yang disediakan oleh pengelola Potrobayan. Paketnya sebagai berikut :

Selanjutnya kita beralih ke Kabupaten Gunungkidul, Tidak banyak yang mengenal pantai yang satu ini. Selain medannya agak susah, dibutuhkan juga stamina dan tenaga ekstra untuk mencapai pantai yang berlokasi di Gunungkidul. Adalah Pantai Greweng yang menyuguhkan perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan namun akan terbayarkan dengan pemandangan pantai yang sungguh indah. Untuk lokasi menuju pantai ini kita harus parkir di dekat Pantai Wediombo yang berjarak dari Tugu Yogyakarta 77 Km dengan jarak tempuh 2 jam 17 menit perjalanan. Kemudian dari lokasi parkiran harus tracking melalui medan yang cukup terjal selama 30 menit. Dalam perjalanan menuju pantai, kalian akan melalui hutan dan bebatuan karst yang mengelilingi.

Terlepas dari itu, Pantai Greweng menyuguhkan panorama khas pantai dengan hamparan pasir putih, birunya air laut dan suara deburan ombak. Karena tidak banyak yang berkunjung ke sini, Pantai Greweng cenderung sepi. Sehingga suasana yang dihasilkan cukup tenang dan menyejukkan. Garis pantai yang dimiliki Pantai Greweng juga terbilang kecil, hanya sekitar 150 m.

Biaya masuk menuju pantai ini harus membayar Rp. 10.000, namun tiket tersebut sudah termasuk tiket ke Pantai Wediombo, selanjutnya membayar parkir motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5.000, namun jika menginap harus membyar Rp. 5.000 untuk motor, dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Masih berada di Kabupaten selanjutnya yaitu Gunung Kidul. Tak hanya punya gua dan pantai cantik, Gunungkidul juga punya bukit yang mempesona. Salah satunya adalah Puncak Kosakora yang asyik buat camping. Puncak Kosakora terletak di Area Hutan, Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jarak yang cukup jauh dari pusat kota yaitu 63 Km atau 1 jam 46 menit perjalanan.

Puncak Kosakora menawarkan pemandangan yang tidak biasa dari tepi pantai lainya, meskipun lokasinya di tepi, namun Puncak Kosakora berada tepat diatas Pantai Ngerumput dimana dari ketinggian dapat menikmati view hamparan pantai dengan bukit bebatuanya yang menambah ke eksotisan tempat ini. Dari lokasi camping kalian dapat menikmati 2 perpaduan pemangan alam yang sangat indah, mulai dari pagi kalian dapat melihat matahari yang menyongsong keluar dengan indahnya, kemudian pada sore harinya kalian dapat melihat juga matahari tersebut tenggelam.

Untuk biaya masuk ke lokasi ini cukup membayar parkir saja Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. Rp. 5.000 untuk mobil, namun jika ingin camping disini kalian harus membayar biaya inap motor Rp. 5.000 dan untuk inap mobil Rp. 10.000.