Sumber: google.com/LummoSHOP

Bagi orang-orang yang suka makan di angkringan tentu saja sudah tidak asing lagi dengan nasi kucing bukan? Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta.

Bahkan bagi para turis yang mendatangi daerah-daerah tersebut pun tidak mau ketinggalan mencoba nasi tersebut. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi secara singkat mengenai nasi favorit anak angkringan tersebut.

Informasi Singkat Mengenai Nasi Kucing

Nasi kucing atau dalam bahasa Jawa disebut juga Sega Kucing, merupakan makanan yang berasal dari Yogyakarta, Surakarta dan Semarang. 

Disebut nasi dengan sebutan hewan itu karena disajikan dalam porsi yang sedikit dan dibungkus dengan daun pisang. Namun seiring berjalannya waktu, nasi ini pun disajikan dengan menggunakan bungkus nasi.

Biasanya nasi kucing ini disajikan bersama sambal, ikan bandeng, dan juga tempe. Dilengkapi dengan telur, ayam dan mentimun, dan kini banyak disajikan dengan berbagai menu tambahan lainnya.

Kata nasi kucing itu sendiri berarti “Nasi untuk Kucing”, karena porsinya yang sedikit atau kecil. Kata bersebut berasal dari kebiasaan masyarakat Jawa yang suka memelihara kucing dan memberikan peliharaannya tersebut dengan porsi kecil.

Jika Anda berkunjung ke Jogja dan sekitarnya, pasti akan mudah sekali menemukan nasi kucing ini. Meskipun kini banyak yang menjualnya dengan hasil modifikasi atau pembaruan mengikuti jaman, namun rasa yang disuguhkannya pun tetap luar biasa.

Bahkan harga untuk satu porsi nasi ini pun sangat murah dan terjangkau. Namun karena porsi dari nasi satu ini sangat kecil, mungkin untuk Anda yang suka makan atau porsi makannya banyak tidak akan cukup.

Mungkin Anda harus memakan dua hingga tiga porsi nasi kucing dalam sekali makan. Namun jika Anda ingin menikmati sensasi makan nasi kucing sesungguhnya, sepertinya satu porsi saja sudah cukup. 

Karena nasi ini banyak dijual di tempat angkringan, Anda pun bisa memilih teman nasi lainnya yang sudah disediakan. Mulai dari ayam, jeroan ayam, tahu, tempe, ikan, sate-satean dan berbagai jenis menu tambahan lainnya yang tidak kalah menarik.

Itu saja informasi singkat mengenai nasi kucing yang dapat kami sampaikan. Jika Anda penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut soal nasi kucing, maka Anda bisa mencobanya. Tidak perlu pergi jauh ke Jogja, karena nasi ini sudah banyak dijual dibeberapa daerah.