Masih sangat minim penggunaan kartu pos sebagai sumber sejarah. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa gambar-gambar yang terpampang dan kalimat yang tersurat menjadi saksi perubahan sebuah kota dan tentu saja perjalanan kehidupan masyarakatnya. Berkaitan dengan itu, lewat pesan yang lestari sebagai warisan visual, kita berusaha untuk lebih mengenali generasi seabad silam.

Melalui dokumentasi gambar pada kartu pos kita dapat menelusuri potret sejarah kehidupan Yogyakarta terutama potret wilayah sumbu filosofi yang bahkan tidak terdokumentasi oleh media lain. Hal ini kemudian direspon dengan pameran Yogyakarta tempo dulu bertemakan Pesiyaran dalam bingkai “Cerita Kartu Pos 2022”.

Pameran ini sekaligus merekam kembali keberadaan benda pos dan materi bersejarah lainnya. Pameran ini disusun secara deskriptif dengan menghadirkan riwayat perjalanan antar kartu dan pesan. Dengan mengumpulkan kepingan fakta menarik, satu kesatuan narasi tersusun berkesinambungan. Tak hanya itu, nuansa bangunan bersejarah Kota Yogyakarta di rentang Malioboro menjadi bagian yang terdokumentasi pada pameran ini.

Pameran menjadi alternatif kunjungan akhir tahun 2022 yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Jejak Kartu Pos, Pos Indonesia, ISI Yogyakarta (Prodi Tata Kelola Seni) dan Kopi Pak Pos “Cerita Kartu Pos 2022” dapat dikunjungi :

🗓 : 15 – 31 Desember 2022
⏰ : 10.00 – 21.00 WIB
🎟 : Gratis
📍 : Gedung Kantor Pos Indonesia Lt. 2 / Kopi PakPos, Nol Kilometer Jogja, Jl. Panembahan Senopati No. 2, Yogyakarta

Reservation Tour :
@jejak_kartupos