Saat liburan ke Jogja tak lepas dari oleh-oleh atau buah tangan untuk orang tersayang disekitar kita, berikut beberapa inovasi oleh-olehkekinian yang wajib dibawa dari Jogja:

Bakpia Kukus

Perkembangan dunia per-bakpia-nan di Kota Yogyakarta saat ini telah merambah ke bakpia dengan olahan dikukus, hal ini merupakan sesuatu yang berbeda karena secara umumnya bakpia dengan cara dioven. Inovasi bakpia ini patut mendapat apresiasi karena memberikan rasa dan teksture yang berbeda dari bakpia pada umumnya yang krispi dan lembut, bakpia kukus ini begitu lembut luar dan dalam. Sedangkan isiannya sangat kental dan lumer dengan berbagai varian isi ada cokelat, keju, stroberi, dan kacang hijau.

 

Saat ini tersedia berbagai merk bakpia kukus dengan harga yang variatif, untuk mendapatkannya tersedia di sepanjang jalan Malioboro, Teras Malioboro, stasiun, bisa juga di outlet-outlet oleh-oleh.

 

Cokelat Monggo

Kini, Jogja dikenal sebagai kota produsen coklat terbaik di tanah air tidak kalah dengan Belgia yang dikenal sebagai salah satu Negara penghasil coklat terbaik. Berkat tangan dingin Thierry Detournay yang berkeinginan untuk menyediakan coklat dengan citarasa tinggi di Indonesia, masyarakat di tanah air bisa merasakan sensasi coklat berkualitas tanpa harus terbang jauh-jauh ke Eropa. Ratusan hingga ribuan orang baik wisatawan maupun masyarakat asli Jogja memburu produk coklat Monggo untuk dikonsumsi ataupun dijadikan oleh-oleh.

 

Gudeg Kaleng

Kalau sudah ke Jogja tapi tak membawa oleh-oleh. Gudeg, adalah makanan khas yang paling wajib untuk diicip saat ke sini. Tak hanya dinikmati di tempat, gudeg juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Jogja yang tak hanya lezat tapi juga praktis. Praktis? Yup, karena gudeg yang dibungkus kini tak lagi hanya menggunakan besek atau kendil, tapi sudah menggunakan kaleng, atau yang disebut gudeg kaleng.

Gudeg kaleng ini bisa lebih praktis dan higienis untuk dibawa bepergian ke luar Jogja. Tak hanya itu, masa awetnya juga bisa sampai 1 tahun jika tidak dibuka, dan apabila sudah dibuka kemasan kalengnya harus dihabiskan dalam 24 jam.

Ada berbagai merk gudeng kaleng di Jogja saat ini, jadi silahkan pilih sesuai selera kalian.

 

Oseng-oseng mercon Kaleng

Makanan populer khas Yogyakarta yang terkenal dengan pedasnya yang bukan main? Iya, namanya Oseng Mercon. Nah asal kalian tau, makanan kreasi Bu Narti ini sudah dikenal sejak tahun 1997. Biasanya orang-orang menikmatinya dengan datang berkunjung ke tempat makan lesehannya Bu Narti, dan langsung makan di tempat. Masih dalam keadaan hangat. Fresh from the oven. Tapi karena jumlah pelanggan dari berbagai tempat semakin meningkat, maka Bu Narti ini pun akhirnya menyediakan Oseng Mercon (siap makan) dalam bentuk kemasan, yakni dengan kaleng.

 

Mangut Lele Asap Mbah Matro

Mangut Lele Asap Mbah Marto adalah salah satu masakan lagendaris yang selalu dicari pelancong yang datang ke yogyakarta. Ciri khasnya menggunakan lele yang diasap secara tradisional dan dimasak dengan kuah pedas yang terdiri dari cabe. santan dan berbagai rempah, sehingga menghasilkan masakan yang pedas yang nikmat.

 

Saat ini inovasi terbaru dengan pengemasan mangut lele dalam kaleng, sehingga bias lebih tahan lama dan bias dijadikan oleh-oleh tentunya, masih penasaran lele dikalengin?? Cobain aja mangun lele asap mbah Matro.