Yogyakarta sebagai tujuan wisata dengan ratusan destinasi wisata dari Kabupaten Kulon Progo hingga Kabupaten Gunungkidul menyajikan tempat yang cocok untuk dijadikan tempat healing.

Healing merupakan sebutan kegiatan bagi orang yang ingin menenangkan diri sejenak dengan pergi ke suatu tempat. Lokasi yang dipiih tentunya destinasi wisata alam yang menawarkan pemandangan dan suasana yang tenang.

Kunjungan ke Desa Wisata memberikan pengalaman tersendiri, menikmati alam dan budaya disekitar desa wisata juga dpat memberikan energy positif bagi wisatawan. Yuuk desa wisata mana aja yang siap dikunjungi ?? berikut daftar Desa Wisata tujuan healing 

Desa Wisata Widosari

Desa wisata yang berlokasi di Samigaluh, Kulonprogo tahun 2022 dinobatkan menjadi desa wisata berkembang ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Desa Widosari menawarkan pemandangan perbukitan Menoreh yang memiliki banyak keunikan budaya juga bentang alam yang mempesona.

Wisatawan dapat menikmati kesejukan perkebunan teh di Padukuhan Tritis, untuk menyusuri kebun teh telah disediakan jalan setapak di hamparan terasering yang tersusun rapi dengan tinggi yang sama di tiap lariknya menjadi lokasi favorite untuk melakukan swafoto.

Rajendra Farm kampung domba tak jauh dari lokasi perkebunan teh, menyajikan kegiatan edukasi ternak dan kuliner berbasis domba dan menyediakan fasilitas berkemah dan outbound.

Menikmati sunrise di Puncak Widosari yang merupakan titik tertinggi dari bukit bernama Bukit Widosari yang merupakan gugusan Perbukitan Menoreh. Bukit tersebut menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan ikon batu besar di atas bukit dan merupakan objek wisata yang terkenal.

Situs Puncak Widosari di Desa Widosari ini telah ditetapkan sebagai warisan geoheritage oleh pemerintah pusat pada 2021 dari 20 situs geologi (Geosite) yang ada di Yogyakarta.

Desa Wisata Tepus

Di Desa Wisata Tepus, Gunungkidul, ada satu spot yang masih jarang dikunjungi wisatawan, yaitu Pantai Mbeling. Destinasi ini bahkan masih asing di telinga masyarakat, lantaran tidak seperti pantai pada umumnya di Gunungkidul.

Di Pantai Mbeling, tidak ada area pasir pantai, bahkan wisatawan tidak bisa bermain air. Namun, pengunjung bisa berkunjung ke sana dan melihat laut lepas dari tebing tinggi. Spot ini pun cocok untuk healing dan bersantai.

Pantai ini biasanya hanya didatangi oleh pemancing atau warga sekitar saja. Bagi wisatawan yang hendak berkunjung sebaiknya berhati-hati karena kawasan itu masih belum banyak fasilitas seperti pagar pembatas tebing, dan aksesnya hanya cukup dilalui kendaraan bermotor.

Desa Wisata Wukirsari

Desa wisata di Kabupaten Bantul yang menawarkan wisata budaya dan edukasi batik. Berlokasi tak jauh dari kawasan Makam Raja, wisatawan dapat berwisata religi di Makam Raja-Raja Pajimatan dan Makam Sunan Giriloyo.

Wisatawan dapat belajar dan melihat langsung proses pembuatan batik. Sentra batik disini pun juga sering dijadikan rujukan berbagai sekolah dan perguruan tinggi untuk belajar mengenai batik. Selain itu, wisatawan dapat mendapatkan batik tulis dengan harga yang relatif lebih murah.

Selain kerajinan batik, Desa Wukirsari juga memiliki kerajinan kulit atau tatah sungging yang merupakan kerajinan turun menurun dengan produk yang dihasilkan berupa wayang dan hiasan kulit lainnya.

Desa Wisata Pentingsari

Lokasinya yang berada di lereng Merapi membuat desa ini selalu diselimuti hawa sejuk baik siang maupun malam. Wisatawan bisa melakukan banyak hal yang bisa merileksasi pikiran dan raga. Dengan suasana pedesaan yang masih asri, udara khas lereng Merapi yang sejuk, dan kearifan lokal yang masih terasa kental akan merecharge jiwa.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini selain menikmati keindahan alam pedesaan. Disini wisatawan tidak hanya numpang tidur, tetapi juga bisa mengikuti berbagai aktivitas dan berbaur dengan penduduk sekitar, seperti melakukan aktivitas membajak sawah, panen padi, memancing bahkan wisatawan juga bisa mengikuti kursus singkat menari Jawa, belajar karawitan, kreasi janur, dan di waktu tertentu, pengunjung juga akan diajak mengikuti kenduri atau syukuran desa. Jika datang bersama rombongan, disini juga menyediakan fasilitas outbond dan sepak bola lumpur.

Desa Pentingsari juga memiliki Joglo Herbal, yaitu joglo yang dikhususkan untuk konsultasi pengobatan herbal. Disini wisatawan bisa berkonsultasi mengenai tanaman-tanaman herbal yang memiliki khasiat tertentu. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa mendapatkan bibit tanaman herbal dan berbagai sayuran organik.