Pameran Seni Rupa
Koleksi Taman Budaya Yogyakarta
“KENCAN NONTON WAYANG”

Venue: Taman Budaya Yogyakarta
Dibuka oleh Dian Laksmi Pratiwi, S.S., M.A. (Kadisbud DIY)
Waktu: 24-31 Mei 2023
Pameran digelar setiap hari mulai 10.00 – 20.00 WIB.

Sejak awal berdiri, TBY telah melakukan pengoleksian karya seni rupa. Karya-karya yang dikoleksi diperoleh melalui pembelian dan pemberian (hibah). Sampai saat ini telah terdata lebih dari 100an karya seni berupa lukisan, grafis, kriya, batik dan patung.

Tim Kurator yang terdiri dari Dr. Mikke Susanto, M.A., Khoirul Anam, M.A., Lisistrata Lusandiana, M.Hum. menyajikan 60 karya seni rupa di dalamnya. Koleksi karya para perupa yang ditampilkan diantarnya Aming Prayitno, Amri Yahya, Askabul, Bagong Kussudiarjo, Djakaria Suriakusumah, Dyan Anggraini Rais, Eddy Sulistyo, Edhi Sunarso, Entang Wiharso, Fadjar Sidik, Genthong HSA., H. Harjiman, H. Widayat, Herry Wibowo, Ida Hadjar, I Made Wiradana, I Made “Toris” Mahendra, Ida Hajar.

Selain itu juga ada karya Kelompok SR. Jendela (Jumaldi Alfi, Rudi Mantofani, Yunizar, Yusra Martunus, Handiwirman), R.M. Djajengasmoro, Rais Rayan, Rusli, Saptoto, Soetopo, Subroto SM., Sulebar M. Soekarman, Suwaji, Syahrizal Pahlevi, Ugo Untoro, Yon Indra, Z. Teguh Suwarto, dan perupa lainnya.

Pameran hasil kerjasama TBY dan Prodi S-1 Tata Kelola Seni FSR ISI Yogyakarta ini setidaknya tergambar sebagai “sketsa” lanskap seni rupa modern (di) Yogyakarta dekade 1970-2000an. Karya-karya ini telah sepadan dengan tontonan klasik seperti wayang, gamelan maupun jenis seni klasik lainnya. Tak salah bila kita harus meyakini bahwa karya-karya seni Indonesia akan menjadi bagian dari seni global.

Narahubung:
Bertha +62 816-3227-2403