Salah satu obyek wisata di Nglanggeran adalah Song Gudel yang menampilkan batu yang berukuran sangat besar. Bagian bawah dari batu raksasa ini memiliki rongga dan bisa digunakan untuk berteduh. Rongga ini membentuk goa yang horizontal dan bisa dijelajahi hingga beberapa meter ke dalam.

Song Gudel ini memiliki cerita yang terbilang cukup unik dan menjadi asal usul penamaan tempat ini. Dahulu ada salah satu warga sekitar yang lewat di samping batu raksasa tersebut dan melihat binatang besar sedang tidur di dalam goa. Setelah diamati, ternyata binatang tersebut adalah harimau sebesar anak kerbau (Bahasa Jawa : Gudel). Orang tersebut memanggil tetangganya dan memberitahukan bahwa ada harimau tidur di dalam goa. Secara serentak orang-orang berdatangan ke lokasi untuk membuktikan penemuan tersebut. Warga kaget setelah melihat keberadaan harimau tersebut sehingga menimbulkan suara gaduh yang membuat harimau terbangun dan langsung lari meloncati orang yang ada di depannya. Dari situ warga sekitar menamai goa tersebut dengan nama Song Gudel.

Goa dari Song Gudel ini menarik untuk dikunjungi melalui aktivitas susur goa (Caving) karena bentuknya horizontal. Di dalam goa, pengunjung dapat merasakan suhu yang netral sambil menikmati pemandangan indah dari batuan Stalakmit dan Stalaktit. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan Rock Climbing dan Rappeling yang didampingi oleh pemandu dan alat pengaman yang baik.


Song Gudel – Cave Beneath the Giant Rock

One of the tourist attractions in Nglanggeran is Song Gudel which displays a massive rock. The bottom of this giant rock has a cavity and can be used for shelter. This cavity forms a horizontal cave and can be explored several meters deep.

Song Gudel has a rather unique story that explains its name. In the past, a local resident passed by the side of the giant rock and saw a large animal sleeping inside the cave. Upon closer inspection, it turned out to be a tiger the size of a buffalo calf (in Javanese, “Gudel”). The person alerted their neighbors, claiming that there was a tiger sleeping in the cave. People rushed to the location to verify this discovery. When the villagers saw the tiger, they were shocked after seeing the presence of the tiger, causing a noise which woke up the tiger. The tiger then leaped over the people in front of it. It was from this incident that the locals named the cave “Song Gudel.”

Song Gudel is an interesting cave to visit, suitable for cave exploring activities due to its horizontal shape. Inside the cave, visitors can experience a neutral temperature while admiring the beautiful stalactites and stalagmites formations. Additionally, visitors can also engage in rock climbing and rappelling, accompanied by experienced guides and proper safety equipment.