PAMERAN TEMPORER KERATON YOGYAKARTA

Mangayubagya 80 Taun Tumbuk Yuswa Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10: LENGGAHING HARJUNO: Sultan, Takhta, dan Kedaulatan

Pada penghujung tahun 2023/Jimawal 1957, Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 merayakan tumbuk yuswa ke-80 tahun. Di dalam terminologi Budaya Jawa, tumbuk yuswa dimaknai secara mendalam pada siklus daur hidup. Bukan hanya sekadar usia yang disyukuri, namun hidup yang menghidupi ‘urip kang nguripi’ yang
patut untuk dimaknai kembali. Pasalnya kehidupan adalah rentetan dari dharma bajik yang melahirkan rasa mulya dan mukti dalam satu kesatuan.

Merayakan 80 tahun usia dari Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10, Keraton Yogyakarta menggelar rangkaian kegiatan dalam rangka mangayubagya bertajuk Lenggahing Harjuno. Kegiatan tersebut diawali dengan pameran yang mengusung tajuk serupa Lenggahing Harjuno, Sultan, Takhta, dan Kedaulatan dengan menampilkan kronik dari sosok pangeran
muda BRM Herjuno Darpito hingga pelbagai capaian dan paradigma kebudayaan yang dicanangkan saat menjadi Sultan dan Gubernur.

Adapun ruang pameran Lenggahing Harjuna ini berada di sebelah timur Pelataran Kedhaton Keraton Yogyakarta. Pameran yang berlangsung hingga 28 Januari 2024.                Sahabat Kraton Jogja dapat mengunjungi pameran pada:

Hari: Selasa – Minggu
Jam Kunjung: 09.00 – 14.00
Lokasi: Gd. Sarangboyo, Komplek Kagungan Dalem Kedhaton
HTM: Wisatawan Domestik Rp 15.000,-, Wisatawan Mancanegara Rp 25.000,-            melalui loket tiket di Pelataran Kamandungan Lor (Keben) Keraton Yogyakarta atau melalui pranala : https://kratonjogja-online.globaltix.com/.

@kratonjogja