Kerajinan tangan atau hasta karya adalah kegiatan seni yang menitikberatkan pada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ditemukan di lingkungan menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai, tetapi juga bernilai estetis. Pekerjaan untuk kegiatan ini disebut sebagai kerajinan atau kriya. Berikut adalah beberapa hasil kerajinan tangan dari kabupaten Gunung Kidul.

Kerajinan Bambu, Pemerintah Desa Sodo Pliyan Gunung Kidul, mendorong warga untuk mengembangkan kerajinan berbahan baku bambu karena menjadi salahsatu ciri khas desa tersebut.

foto: kecamatan-semanu.blogspot.com

Awalnya hanya membuat tampah,alat kukus, bakul dari anyaman bambu dan mereka hanya menjual ke pasar-pasar tradisional. Membuat barang barang dari anyaman bambu tak sekedar sebuah kerajinan melainkan salah satu sumber mata pencaharian.
Kemudian pemerintah setempat mendorong untuk menjadikan kerajinan itu tak hanya sebagai tampah atau alat kukus namun kini di kembangkan sebagai gantungan lampu,tas dan barang barang aesthetic lainnya hingga yang banyak diminati bahkan sampai mancanegara.

Topeng Batik Kayu, perkembangan batik tidak hanya terbatas pada bahan kain saja,akan tetapi media untuk pembuatan batik bisa menggunakan media lain seperti kayu. Seperti di Desa Wisata Bobung Kabupaten Gunung Kidul. Disana Sebagian penduduknya berprofesi sebagai pengrajin topeng batik, selain topeng penduduk sana juga membuat kerajinan batik yang mereka pahat menggunakan media kayu.

Dimana lokasi Objek Desa Wisata Bobung di Patuk Gunung Kidul Yogyakarta ? seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di Jl. Yogya – Wonosari, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Objek Desa Wisata Bobung di Patuk Gunung Kidul Yogyakarta saya sarankan anda mencari dengan mengetik Objek Desa Wisata Bobung di Patuk Gunung Kidul Yogyakarta di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

foto: tempat.org

Bahan baku yang berasal dari batang pohon Albassia atau pohon Puley ini dipotong-potong sesuai dengan ukuran topeng yang ingin dibuat. Selanjutnya potongan tersebut dibagi menjadi dua untuk kemudian dipoles. Setelah dipoles, batang tersebut dibentuk dan dipahat sesuai bentuk topeng yang diinginkan. Setelah topeng mulai terbentuk, kemudian topeng diamplas hingga halus dan diberi ornamen batik agar tampak cantik dan menarik.
Selain membuat topeng batik, di desa ini para perajin juga membuat kerajinan kayu lainnya seperti asbak, wadah kue, congklak, hingga gantungan kunci. Semua kerajinan memiliki bentuk yang menarik dan membuat Anda ingin membelinya untuk menjadi hiasan rumah. Topeng-topeng dan jenis kerajinan kayu batik lain hasil karya Desa Wisata Bobung saat ini sudah merajai pasar di Jawa dan Bali. (hr)