foto: @bakpia25official

Bakpia Pathok 25 adalah salah satu produsen bakpia yang cukup terkenal di Yogyakarta, Indonesia. Sejarah toko ini berasal dari nama jalan tempatnya berada, yakni Jalan Pathok 25. Bakpia Pathok 25 telah berdiri sejak tahun 1979 dan memiliki sejarah yang panjang sebagai produsen bakpia tradisional. Sejarah Bakpia Pathok 25 terkait erat dengan keberadaan dan perkembangan bakpia sebagai makanan khas Jogja.

Bakpia sendiri adalah sejenis kue kering yang terbuat dari campuran adonan tepung terigu dan isi manis, seperti kacang hijau atau ubi. Awalnya, bakpia dibuat oleh orang Tionghoa di Indonesia dan menjadi makanan yang populer di Jogja dan daerah sekitarnya. Bakpia Pathok 25 diambil dari nama jalan tempat toko ini berdiri, yakni Jalan Pathok 25. Bakpia Pathok 25 menjadi terkenal karena kualitas bakpianya yang lezat dan beragam rasa yang ditawarkan. Makanan ini menjadi oleh-oleh yang populer bagi wisatawan yang datang ke Yogyakarta selama bertahun-tahun, Bakpia Pathok 25 telah mempertahankan tradisi dan kualitas dalam pembuatan bakpianya.

foto: @bakpia25official

Sebagai salah satu toko oleh-oleh yang terkenal di Jogja, Bakpia Pathok 25 telah menjadi ikon kuliner khas daerah ini dan menjadi tujuan wajib bagi wisatawan yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas Jogja. Bakpia Pathok 25 terkenal karena kualitas bakpianya yang lezat dan banyak wisatawan yang membeli oleh-oleh dari tempat ini.

Pusat Pembuatan Bakpia Pathok beralamat di Sanggrahan Pathuk NG I/504, Ngampilan, Kota Yogyakarta, DIY 55132
Toko Resmi Bakpia Pathok 25:
• BP25 Pabrik Jaya (Sanggrahan Pathuk NG I/504, Ngampilan)
• BP25 Ongko Joyo (Jl. AIPDA II KS Tubun No. 65, Ngampilan)
• BP25 Pathok Jaya (Jl. AIPDA II KS Tubun No. 12-14, Ngampilan)
• BP25 Pasar Pathok 25 (Jl. Bhayangkara No. 2-4, Gondomanan)
• BP25 Pasar Pathok 99 (Jl. Bhayangkara No. 6, Gondomanan)
• BP25 Ngasem Jaya (Jl. Ngasem No. 8, Kraton)
• BP25 Kembang Jaya (Jl. Laksda Adisucipto Km. 9, Maguwoharjo)
• BP25 Bandara Jaya (Jl. Laksda Adisucipto Km. 9.5, Maguwoharjo)

Bakpia Pathok juga memiliki berbagai rasa yang berbeda, termasuk rasa kacang hijau, kacang tanah, cokelat, dan berbagai pilihan rasa lainnya. Bakpia Pathok Jogja telah menjadi oleh-oleh khas yang populer di kota ini. Kue ini sering dibeli sebagai oleh-oleh oleh wisatawan yang berkunjung ke Jogja karena rasanya yang enak dan variasi rasa yang banyak. Selain di Jalan Laksda Adisucipto banyak juga toko dan gerai yang menjual Bakpia Pathok di pusat perbelanjaan, di sepanjang Malioboro Street, atau di sekitar area wisata Jogja lainnya. Bakpia ini sering kali menjadi oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan yang datang ke Yogyakarta.