Jauh sebelum batas-batas negara tercipta, wilayah Asia Tenggara, termasuk Nusantara telah menjadi area yang ramai disinggahi oleh para pedagang. Didukung dengan lokasi strategis yang dilalui oleh angin muson, serta sumber daya alam dan budaya yang kaya, wilayah ini turut menjadi bagian dalam perdagangan maritim global dunia.
Pada hari ini, kesamaan budaya di negara Asia Tenggara turut menghasilkan adanya warisan bersama (Shared Heritage) yang saling beririsan. Sedangkan, keberagaman budaya di masing-masing negara mendorong adanya dialog kerjasama antar negara, baik pada negara kawasan Asia Tenggara, hingga negara-negara lain di luar kawasan.

Museum Sonobudoyo kembali menyelenggarakan 𝘼𝙣𝙣𝙪𝙖𝙡 𝙈𝙪𝙨𝙚𝙪𝙢 𝙀𝙭𝙝𝙞𝙗𝙞𝙩𝙞𝙤𝙣 (𝘼𝙈𝙀𝙓) tahun 2023 yang bertajuk “Beyond the Border, Connecting Cultures”. Bercerita tentang interkoneksi budaya yang dihasilkan perdagangan maritim di Asia Tenggara, khususnya di Nusantara. Melampaui batas-batas wilayah dan teritorial, para penguasa lautan dari penjuru Asia Tenggara dan berbagai belahan dunia mengembara untuk melakukan perdagangan di Asia Tenggara.

Pameran ini berlangsung mulai 7 November – 30 Desember 2023 pukul 09.00-21.00 (khusus 7 November pameran dapat dikunjungi mulai pukul 18.00 WIB) di Gedung Pamer Temporer Museum Sonobudoyo.
Sahabat bisa menikmati pameran ini dengan menunjukan tiket masuk Museum Sonobudoyo.
Selamat berlayar menikmati AMEX 2023!