foto: @jogjaestetikasik

Kasongan merupakan salah satu daerah di Bantul, Yogyakarta yang dikenal sebagai sentra pusat pembuatan kerajinan gerabah yang melimpah. Gerabah yang ada di kasongan di sulap menjadi berbagai kerajinan dengan bentuk dan ukuran sesuai yang diinginkan. Di setiap sudut kasongan terdapat para penjual kerajinan yang siap menarik perhatian bagi pelanggan. Tidak hanya tempat menjual kerajinan saja, namun Kasongan juga memiliki museum unik yang memamerkan banyak tembikar dan seni yang bernama MusemKu Gerabah.

foto: @threesixgun

MuseumKu Gerabah merupakan museum yang berisi kerajinan tembikar, gerabah serta caffee yang terletak di Kajen, Bangunjiwo, Kasihan, Kab. Bantul. Museum ini dibangun oleh seniman Timbul Harjo yang merupakan rektor ISI Yogyakarta dan di buka pada tahun 2023. MuseumKu Gerabah memiliki desain bangunan yang unik yaitu seluruh bangunan berbentuk kubah yang berwarna terakota. Selain eksteriornya yang unik, interior pada museum tersebut menerapkan gaya industrial yang indah di area indoor dan outdoor. Di area indoor terdapat ruangan pameran/galeri serta koleksi patung, lukisan dan karya seni lainnya, sedangkan area outdoor terdapat kursi kayu dan payung.

Tidak hanya kerajinan saja yang dipandang, namun pengunjung bisa menikmati MuseumKu Gerabah Kitchen. Setelah meilhat karya-karya yang ada di museum, pengunjung bisa beristirahat di kafe dan memesan makanan lezat sambil menikmati pemandangan meupun berfoto ria dengan spot yang instagramable. Kafe tersebut menyajikan makanan khas jawa, berbagai menu yang ditawarkan dipatok harga dari Rp 17.000 hingga Rp 25.000 rupiah.

foto: @threesixgun

MuseumKu Gerabah menjadi tempat wisata sekaligus edukasi bagi pengunjung yang datang, karena setiap aspek dari museum ini dibuat dengan indah serta mengetahui sejarah gerabah. Disini juga mengadakan kelas gerabah yang mengajarkan cara menggiling dan menguleni hingga kerajinan tersebut sampai penyelesaian akhir yaitu pengecetan dan pewarnaan. Selain belajar tentang gerabah, pengunjung juga bisa membeli souvenir khas MuseumKu Gerabah untuk dijadikan oleh-oleh.