Setelah penutupan registrasi dengan jumlah 178 peserta yang mendaftar, akhirnya Global Village AIESEC in UPN “Veteran” Yogyakarta dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Februari 2024 di Pakuwon Mall Yogyakarta!

Acara ini berhasil membawakan kesan eksplorasi budaya secara langsung kepada peserta melalui live country parade, live country booth dan live performance dari masing masing perwakilan mahasiswa pertukaran pelajar dan para relawan dari 7 Negara yaitu Vietnam, Hong Kong, Kazakhstan, Pakistan, Thailand, Kamboja, dan India. Mahasiswa pertukaran pelajar ini merupakan mahasiswa internasional dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dibawah naungan International Office UNY yang telah bekerjasama dengan Global Village.

Dengan tema Cultural Sanctuary : Embracing Diversity, Celebrating Unity peserta dapat berinteraksi secara langsung mengenal budaya dari berbagai Negara dengan mencicipi makanan tradisional, mencoba baju adat, mengenal budaya hingga bermain mainan tradisional dengan mahasiswa pertukaran pelajar.

Pada acara Global Village juga berhasil bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Yogyakarta, Badan Otoritas Borobudur (BOD), International Office UNY, Tavi, Sanggar Tari Sakura Sonora dan Geronimo Radio, serta media partnership yaitu visiting Jogja, edaran event, info event Jogja dan event Jogakartrans. Melalui acara ini kami berharap masyarakat semakin terbuka dan memiliki banyak insight tentang kebudayaan internasional agar dapat saling menghargai dan semakin menyadari untuk menciptakan kehidupan harmonis.

Penulis: Dewi Arimbi (AIESEC UPN)