Foto : Ig @nuansyah_

Yogyakarta sebagai peringkat 4 tujuan mudik (2024) menjadikan sebagai provinsi yang tidak pernah sepi. Mudik lebaran bisa diagendakan sebagai ajang silaturahmi dengan sanak keluarga dan tentunya menghilangkan penat selama ditempat asal,’hiling’ perlu dilakukan untuk merefresh semangat dengan berwisata di Yogyakarta.

Perjalanan mudik ke Yogyakarta sekaligus berwisata dengan keluarga ke berbagai penjuru Yogyakarta bisa disimak berbagai referensi berikut:

Wisata Pantai

Pantai adalah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta, dimana secara geografis wilayah Yogyakarta berada di pesisir pantai Samudra Hindia, membentang dari Kab. Kulon Progo, Kab Bantul hingga Kab. Gunungkidul.
Beragam wisata pantai dapat dipilih mulai dari kawasan berpasir hitam hingga berpasir putih, bahkan gurun pasir pun dapat dijumpai di Gumuk Pasir di Kawasan Pantai Parang Tritis Kab. Bantul.

Untuk pilihan yang ingin menikmati wisata pantai yang teduh pilihan yang tepat adalah di Kawasan pantai Kab. Bantul, sederetan pantai dengan pepohonan hutan cerama dan mangrove akan memberikan kenyamanan tersendiri, bahkan di Kab. Bantul ini juga dilalui jalur lintas selatan dengan pesona jembatan Kretek II terpanjang di Yogyakarta, wisatawan bisa istirahat sejenak di Laguna Depok yang tak jauh dari jembatan Kretek II, wisatawan bisa juga berwisata kano dan jetski di Desa Wisata Baros.

Pilihan pantai dengan pesona pasir putihnya, wisatawan dapat berkunjung ke Kawasan Pantai Kab. Gunungkidul, pantai yang ngehits hingga hidden gems dapat dijumpai di daerah Gunungkidul, wisatawan dapat mengecek lokasi dengan cek google maps, ada ratusan pantai dikawasan ini. Berbagai wahana ditawarkan mulai dari snorkling, kano, hingga play ground menjadi pilihan yang menarik. Tapi jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan untuk menempuh perjalanan jalur pantainya, dan akomodasi yang tersedia disana, karena tidak akan puas jika dikunjungi dalam satu hari saja, tersedia banyak akomodasi baik villa, homestay hingga hotel di daerah pinggiran pantai, jadi lakukan reservasi jauh-jauh hari.

Wisata Pegunungan

Keanekaragaman wisata di Yogyakarta inilah yang menjadikan Yogyakarta sebagai salah tujuan mudik, berbagai wisata pengunungan yang menarik terdapat disegala penjuru , dari arah barat dengan pesona perbukitan Menoreh, menawarkan wisata petik daun teh di Desa Wisata Nginggo, Wisata air pegunungan di Kedung Pedhut, hingga bisa glamping, susur pegunungan dan kuliner di Tumpeng Menoreh.

Hutan Pinus dikawasan Mangunan bisa menjadi salah tujuan wisata lebaran kali ini, udara segar dan pemandangan hijau serta ketenangan bisa dinikmati oleh wisatawan, jika ingin bermalam dikawasan ini tersedia glamping, tenda, hingga campervan yang bisa disewa, untuk kenyamanananya bisa dilakukan reservasi terlebih dahulu.

Panorama Gunung Merapi bisa menjadi pertimbangan bagi wisatawan, saat ini wisata kaliurang dapat dinikmati mulai dari banyaknya jeep wisata merapi, penginapan, bahkan saat ini wisatawan bisa berkamping dengan berbagai macam fasilitas lengkap yang ditawarkan dengan lokasi di Tanmakan, Teras Merapi, dan Klanggon, wisatawan dapat menikmati pemandangan gunung merapi dari jarak dekat, bahkan dimalam hari bisa menikmati kopi di Kopi Merapi.

Wisata Budaya

Liburan ditengah kota Yogyakarta, menawarkan wisata budaya diantaranya Kraton Ngayogyakarta, dimana saat ini berlangsung Pameran Abhimantrana, Upacara Adat Keraton Yogyakarta hingga bulan Agustus 2024, pasar Beringharjo dan sepanjang jalan malioboro pun siap menanti para wisatawan pemudik untuk berkunjung kesana dengan segala daya tarik tersendiri. Titik Nol Km Yogyakarta juga tak kalah menariknya untuk melakukan foto sesi bersama keluarga, dimana saat ini ada banyak vendor foto dengan menawarkan baju daerah khas Jogja untuk properti foto.

Museum Sono Budoyo juga tak kalah menariknya, sebagai edukasi kepada masyarakat tentang budaya Jogja ada disana, bahkan dihari-hari tertentu ada pemutaran bioskop dan pertunjukan seni budaya. Jogja National Museum (JNM) juga menawarkan beranekargam event yang setiap hari berganti , sekaligus menikmati kuliner dan pertunjukan seni.

Wisata Candi perlu juga dikunjungi, Candi Prambanan menawarkan pesona keindahan dan pertunjukan legenda rorojongrang, candi Ratu Boko menawarkan panorama sunset dan view Yogyakarta dari ketinggian, candi Ijo pun tak kalah menariknya.

Wisata Kekinian

Saat ini bermunculan wisata kekinian diantaranya Heha Sky View, Heha Forest, Heha Ocean View, Obelix Hills, Obelix Village, Obelik Sea View, Stone Valley, yang menawarkan berbagai panorama yang menarik.

Wisata Kuliner dan Oleh-oleh

Wisatawan dan pemudik bisa mencicipi hidangan khas Yogyakarta yaitu gudeg disepanjang jalan Wijilan, pesona hidangan malam dengan angkringan dan bakmi jawa pun sangat mudah didapatkan di sepanjang ruas jalan di wilayah DIY. Kuliner kekinian pun sangat mudah didapatkan di kawasan  Alun-alun Kidul.

Berbagai oleh -oleh dapat didapatkan di Teras Malioboro 1 dan 2, Hamzah Batik, sentra bakpia di daerah Pasar Patuk, berbagai buah tangan nmuga lengkap didapatkan di Pasar Beringharjo.

Tak binggung lagi kan kalo ke Jogja mau kemana? info wisata menarik lainnya silhkan cek tautan berikut:  wisata jogja atau info wisata