PERAYAAN yang berarti ekspresi masyarakat pelaku WBTb dalam bentuk unjuk karya melalui beragam media, pendalaman dan perluasan pemahaman Warisan Budaya Takbenda, pengembangan kreativitas dan inovasi tata kelola WBTb, praktik pemanfaatan ragam media arsip, dokumentasi, publikasi, serta area rekreasi produktif-konstruktif-inspiratif untuk pemeliharaan dan pengembangan WBTb.

Tema kegiatan tahun 2024 adalah Ajur Ajer #2 Mbanyu Mili. “MBANYU MILI” bermakna kesinambungan yang tak terhenti juga berarti keberkahan yang melimpah. Air,dalam cara pandang semesta masyarakat Jawa, khususnya masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan unsur alam yang sangat melekat dengan proses keberlangsungan kehidupan dan berkebudayaan. Selain itu, air yang mengalir atau mbanyu mili juga dimaknai sebagai sesuatu yang berlangsung terus menerus, berkah dari Sang Maha Kuasa yang tak jemu memberikan rejeki yang melimpah ruah kepada semua makhluknya di dunia ini

Pada tahun 2024, diselenggarakan selama 4 hari, yakni Senin-Kamis, 27-30 Mei 2024, berlokasi di Gedhong Pracimasana, Kampung Wisata Tamansari, Ndalem Pakuningratan, dan Plaza Ngasem akan dilaksakan banyak ragam kegiatan dibawah ini :
1. Pemberian Sertifikat 25 WBTb DIY yang sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2023 kepada Bupati/Walikota se-DIY, Perwakilan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman di Gedhong Pracimasana
2. Pagelaran Seni Pertunjukan Thetelan Gunungkidul, Tari Klana Alus Dasalengka, dan Rodat Wukirsari
3. Pameran sebanyak titik lokasi Area Tamansari
4. Stand Kuliner berkaitan dengan penetapan Warisan Budaya Takbenda sejumlah 29 Kuliner
5. Workshop WBTb sebanyak 4 kali
6. Gerakan/Lomba Memasak Brongkos di Pawon Warga Tamansari
7. Lomba Permainan Tradisional Benthik dan Dhakon
8. Karnaval Jathilan se-Daerah Istimewa Yogyakarta
9. Jathilan Turut Kampung
Yukk Sobat Budaya, catat jadwal dan perhatikan masing-masing lokasinya ya,ditunggu kehadirannya. Mari berpartisipasi dalam agenda Perayaan Warisan Budaya Takbenda Ajur Ajer #2 Mbanyu Mili Tahun 2024.