Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mengklaim jumlah kunjungan wisatawan selama tahun 2015 melampaui target. Tak saja turis lokal, kunjungan wisatawan mancanegara ke DIY juga meningkat.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta mengatakan hingga November 2015, jumlah kunjungan wisatawan macanegara (wisman) mencapai 281 ribu. Padahal, target wisman 2015 yang ditetapkan pemerintah adalah 264 ribu orang.

Sementara wisatawan nusantara (wisnus), hingga bulan November, tercatat 3.380.000 wisatawan. Target yang ditetapkan di 2015 adalah sebesar 3,4 juta.

“Jumlah di atas belum termasuk jumlah kunjungan wisman dan wisnus di libur akhir tahun Desember. Karena belum dihitung. Saya yakin jumlah akhirnya nanti melebihi target,” ujar Aris melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Senin (11/1/2016).

Dalam hitungan secara kasat mata, ia menilai jumlah wisatawan yang mengunjungi DIY di akhir tahun membludak. Ini terlihat dari kemacetan dan kepadatan lalu lintas di beberapa pusat wisata seperti di Kawasan Malioboro, Pantai Parangtritis, dan Titik Nol Kilometer.

“Liburan kemarin penambahan wisnus cukup banyak, bisa sampai 400-500 ribu orang. Kalau wisman, puncak-puncaknya saat bulan September hingga November,” jelasnya.

Tempat-tempat wisata yang masih menjadi favorit para pelancong dalam negeri antara lain Kaliurang, Taman Pintar, Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan dan sepanjang pantai selatan di Gunung Kidul.?(metrotvnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here