Pemandu wisata memiliki peran yang strategis dalam pelayanan kepada wisatawan. Mereka sangat berperan di dalam sektor pariwisata karena mereka adalah orang yang berhubungan langsung dengan para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Pemandu wisata tak hanya harus pandai berkomunikasi, namun juga harus berwawasan luas mengenai potensi wisata, beretika dalam bekerja, dan? harus memiliki kemampuan berbahasa asing baik lisan maupun tulis. Sebagai pemandu wisata di DIY, mereka juga harus menguasai kebudayaan Jawa dengan cukup mendalam, soal kemasyarakatan, geografi wisata, seni kerajinan, arsitektur, kuliner, transportasi, imigrasi, perhotelan, lands & people, kesehatan, keamanan dan kebutuhan wisatawan lainnya. Materi pengetahuan tersebut masih harus dilengkapi dengan kemampuan standar bahasa dan pengalaman lapangan serta kepribadian kokoh yang berdiri diatas profesi ini.

Banyaknya muncul desa/ kampung wisata yang digemari wisatawan maka perlu peningkatan SDM bagi para pemandu di desa/ kampung wisata. Oleh karena itu Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan HPI dan LSP menyelenggarakan kegiatan pencetakan guide baru bagi para pemandu wisata di desa/ kampung wisata.

Pelatihan kegiatan pencetakan guide baru ini akan dilangsungkan selama 5 hari, di mulai dari hari Senin, 14 Maret sampai dengan Sabtu, 19 Maret 2016 di Wisma Kagama UGM Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang peserta yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pariwisata DIY Bpk. Rose Sutikno, SH, MM.

Sumber: Eru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here