DPD Asosiasi Eexperiential Learning Indonesia (AELI) DIY berkomitmen untuk turut serta berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata Kabupaten Sleman melalui peningkatan kualitas penyelenggaraan outbound khususnya di desa desa wisata. Demikian dinyatakan oleh Ketua? DPD AELI DIY Adhik Iwan Sulistyanto saat audiensi dengan jajaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Senin 4 April 2016 di Ruang Golong Gilig Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman Yogyakarta.

Pada saat audiensi tersebut DPD AELI DIY yang diwakili oleh Adhik Iwan Sulistiyanto selaku ketua dan Yohanes Batista selaku Divisi Humas diterima oleh Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dra. Shavitri Nurmala Dewi, MA didampingi oleh Kasi Dokinfo Pariwisata Wasita, SS, MAP. Iwan mengatakan bahwa saat ini kegiatan outbound atau outdoor training banyak dikembangkan oleh masyarakat diantaranya oleh para pengelola desa wisata. Outbound saat ini telah dijadikan sebagai paket kegiatan yang banyak ditawarkan kepada para pengunjung desa wisata. Sehubungan dengan hal tersebut pihaknya ingin turut berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas program outbound sehingga menjadi kegiatan yang berbobot dan memberikan kepuasan serta manfaat yang besar kepada para tamu.

Sebagai pihak yang telah digandeng secara resmi oleh sebuah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dibawah pembinaan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) pihaknya merasa berkewajiban untuk memendukung pemerintah daerah dan membantu masyarakat dalam mengembangkan dan mengelola kegiatan outbound yang berkualitas namun tetap mengandung aspek-aspek rekreasi, pengembangan maupun edukasi.

Sementara itu Evie, panggilan akrab Shavitri Nurmala Dewi, menyatakan pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap komitmen DPD AELI DIY untuk secara bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan outbound di Kabupaten Sleman. Diharapkan nantinya penyelenggaraan outbound atau pelatihan luar ruang di Kabupaten Sleman dapat lebih berkualitas. Terlebih dari itu diharapkan kedepannya para pemandu outbound di Kabupaten Sleman dapat memiliki sertifikasi profesi kepemanduan outbound, sehingga paket outbound yang diselenggarakan tidak asal-asalan namun dapat dilakukan secara profesional dengan metodologi yang benar serta aspek-aspek lain yang menyangkut manajemen resiko, etika dsb. Dengan demikian secara langsung maupun tidak langsung peningkatan kualitas penyelenggaraan outbound yang dilakukan oleh tenaga-tenaga yang bersertifikasi akan berdampak positif pada sektor pariwisata khususnya di desa-desa wisata.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Kabupaten Sleman
Jl. Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman
Yogyakarta Telp/Fax:0274-869613
Website? : www.tourismsleman.com,
Email/FB : prtourismsleman@yahoo.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here