Tiga kawasan yang menjadi destinasi wisata terbanyak di DIY adalah Kota Yogyakarta, Bantul, dan Gunung Kidul.
Taman Pintar dan Kebun Binatang Gembira Loka masih menjadi primadona di pusat kota, sementara pesona Parantritis dan juga Goa Pindul beserta Pantai menawan lain di Gunung Kidul juga ramai dikunjungi wisatawan pada long weekend ini.
Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata DIY, Putu Kertiyasa mengatakan kenaikan wisatawan di Yogyakarta selama long weekend membuat rata-rata kenaikan hotel di Ring 1 (areaMalioboro dan sekitarnya) mengalami kenaikan 100 persen dan di ring 2 (di luar Malioboro) 80 persen.
“Kenaikan 15 persen dari hari biasa,” jelasnya ketika dihubungi, Minggu (8/5/2016).
Pantauan selama long weekend ini, imbuhnya, Gembira Loka masih menjadi tempat favorit. Setelahnya ada Gua Pindul, pantai-pantai di Gunung Kidul, dan Pantai Parangtritis.
Sementara itu, Anggota DPRD DIY Komisi B, Nur Sasmito mengatakan saat long weekend, yang menjadi perhatian utama adalah jumlah wisatawan yang berkaitan dengan penumpukan massa.
“Kalau ditanya (wisatawan) seneng sampai lokasi, tapi setelah sampai sana bingung karena nggak bisa menikmati dengan nyaman karena overload. contohnya di pantai gunung kidul, itu selalu crowded, dan juga taman pintar,” tuturnya.
Misalnya di Taman Pintar, lanjutnya, wisatawan yang ingin mengamati objek tertentu, harapannya bisa mengahbiskan waktu selama 5 atau 10 menit.
Tapi karena antrean di belakang sudah panjang, maka hanya bisa melihat sekilas bahkan tidak sama sekali.
Kepadatan yang terjadi di sebuah tempat wisata saat long weekend, menurut Sasmito harus disikapi dengan cerdas. Mulai dari menyediakan sarana prasarana yang cukup, serta perlunya pusat informasi yang akurat dan terupdate.
“Kalau sudah terkoneksi sistematik, misalkan Taman Pintar sudah overload, ada pemberitahuannya. Jadi wisatawan, terutama yang dari luar kota, bisa belok dulu ke Keraton misalnya. karena melihat melalui aplikasi tidak terlalu padat. Sayangnya sampai saat ini belum ada yang seperti itu,” tutupnya. (tribunjogja.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here