? – Dalam rangka mengembangkan kemitraan antara hotel dan desa wisata-kampung wisata, Minggu, 29 Mei 2016, Dinas Pariwisata daerah Istimewa Yogyakarta bersama dengan unsur Pentahelix, menginisiasi terbentuknya jalinan antara stakeholders pariwisata melalui ide bersama yang dinami dengan istilah?”One Hotel One Dewi”. Menggunakan istilah Dewi yang merupakan singkatan Desa Wisata, agar masyarakat lebih?curious?atau punya rasa ingin tahu lebih banyak tentang Dewi tersebut, walaupun makna Dewi tersebut mencakup juga kampung wisata. Jalinan 1 hotel-1 Dewi tersebut mempertemukan hotel dan desa wisata atau kampung wisata dalam hal: perluasan pemasaran, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, mengangkat potensi lokal, dan penerapan standar usaha pariwisata.

Pada tahap awal sebanyak 21 hotel berbintang telah menyatakan kesediaan dan siap untuk bermitra dengan 21 desa wisata dan kampung wisata. Adapun hotel-hotel yang dimaksud adalah sebagai berikut: 1. The Sahid Rich Hotel 2. Cakra Kusuma 3. Hyatt Regency 4. 101 Hotel 5. Grand Zuri 6. Grand Tjokro 7. @Hom Platinum 8. Ros Inn 9. Jogjakarta Plaza 10. Burza 11. Gowongan Inn 12. LPP Group 13. The Jayakarta 14. Eastparc 15. The Alana Hotel 16. Atrium Adisucipto 17. Accor Group 18. Royal Ambarrrukmo 19. Santika Premiere 20. Mutiara Malioboro 21. Cakra Kembang.

Jalinan kemitraan antara hotel dengan desa wisata dan kampung wisata, merupakan suatu terobosan dan solusi konkret dalam pengembangan kapasitas pengelolaan desa wisata dan kampung wisata serta kapasitas sumber daya manusia yang ada, guna mendukung visi Bapak Gubernur dalam hal Kepariwisataan yang mewujudkan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai tujuan pariwisata terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2025.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata DIY juga menyampaikan bahwa dalam rangka pengembangan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia di desa wisata dan kampung wisata, di Dinas Pariwisata DIY telah melakukan pembinaan melalui lomba desa wisata atau kampung wisata terbaik se-DIY. Adapun hasil lomba desa wisata atau kampung wisata se-DIY tahun 2016 yang telah dilaksanakan bulan Maret-April adalah sebagai berikut:

Juara 1 Desa Wisata Wukirsari, Imogiri, Bantul

Juara 2 Desa Wisata Nglinggo, Kulon Progo

Juara 3 Desa Wisata Jelok, Gunung Kidul

Juara Harapan 1 Kampung Wisata Rejowinangun, Kota Yogyakarta

Juara Harapan 2 Desa Wisata Purwosari, Kulon Progo

Juara Harapan 3 Desa Wisata Kaki Langit, Mangunan, Bantul

Bapak Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X secara resmi meluncurkan program?one hotel one dewi?ini, sekaligus menyerahkan piagam penghargaan kepada 21 hotel yang telah berpartisipasi, serta penyerahan penghargaan kepada pemenang Lomba Desa/Kampung Wisata se-DIY tahun 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here