YOGYAKARTA (koran-sindo.com) – Dinas Pariwisata DIY terus mendorong Kampung Prawirotaman agar lebih dikenal di kancah dunia. Salah satunya dengan menmggelar event Prawirotaman Fest 2016 yang melibatkan 60 turis manca negara (Sabtu,4/6)

Sekretaris Dinas Pariwisata DIY, Bpk Rose Sutikno mengatakan, Kampung Prawirotaman menjadi salah satu titik sentral kunjungan wisatawan mancanegara di Yogyakarta. Kampung ini sudah dijuluki Kampung Bule. “Perkampungan ini mempunyai peran penting dalam memberikan sumbangsih terhadap kunjungan wisman di DIY”.

Di perkampungan ini, berderet penginapan, kafe, restoran, hotel, serta berbagai model bangunan warga dengan model Jawa klasik berbaur dengan gaya bangunan modern. “Ke depan kami ingin dorong Kampung Prawirotaman lebih mendunia lagi.” ujar Bpk Rose. Sejumlah agenda kegiatan direncanakan untuk mendorong Kampung Prawirotaman lebih mendunia lagi. Prawirotaman Fest 2016 adalah salah satunya.

Kegiatan itumelibatkan 60 turis untuk turut berpartisipasi. Selain itu, Dispar DIY mendorong dan menggali budaya apa yang ada di sana, sepertri industri kerajinan batik di Prawirotaman. “Itu perlu untuk ditumbuhkembangkan,”tandasnya. Ketua Panitia Prawirotaman Fest 2016, Agung Widodo mengatakan, event ini sebagai upaya menarik wisatawan berkunjung ke Yogyakarta.

Prawirotaman merupakan titik wisatawan asing sering menginap dan berkunjung, “Kegiatan ini bertema Culture of Yogyakarta”, ujarnya. Dalam acara ini digelar kirab budaya dan Bergodo Prawirotaman. Menariknya, sejumlah bule yang sudah menetap di Prawirotaman ikut dalam parade tersebut.

Kegiatan ini juga menyajikan 1.000 jajanan khas dari berbagai belahan dunia. Ketua Paguyuban Pengusaha-pengusaha Prawirotaman Yogyakarta (P4Y), Hartono, menyambut baik kegiatan tersebut. Agenda tersebut memang tepat digelar di Prawirotaman, “Prawirotaman merupakan etalase perkampungan internasional sehingga sudah tepat jika kegiatan tersebut digelar disini”, imbuhnya.

(ridwan anshori)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here