Yogyakarta – Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, pada hari Jumat, 15 Juli 2016 mengadakan orientasi Nilai Budaya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Baru. Acara ini berlangsung santai dan hangat sekaligus masih dalam suasana Lebaran sehingga dijadikan juga acara syawalan. Kurang lebih 125 ASN baru menghadiri acara tersebut.

Orientasi nilai budaya ini dibagi menjadi 2 sesi yang diisi oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Bpk. Umar Priyono dan Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Bpk. Singgih Raharjo.

Dalam kesempatan tersebut, Bpk. Umar Priyono menyampaikan tentang sejarah budaya Yogyakarta, terutama tentang sejarah tata ruang DIY. Beliau menyampaikan, bahwa sejak awal, Kasultanan Mataram Islam dengan Raja Pakubuwono I sudah mempunyai konsep pembagian tata ruang yang modern, Yogyakarta terletak diantara 4 sungai, masing – masing 2 sungai di barat dan 2 sungai di timur. Yogyakarta terletak diantara Gunung Merapi dan Pantai Selatan. Letak tersebut mempunyai makna filosofis. Sementara itu, Bapak Singgih Raharjo mempunyai harapan yang besar kepada ASN baru agar “berbeda” dengan ASN sebelumnya. Berbeda disini diharapkan ASN baru lebih kreatif dan inovatif dengan tidak meninggalkan unggah ungguh budaya Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here