Kampung Ketandan

Merayakan Imlek di Yogyakarta, kurang pas bila tidak mampir ke Ketandan. Disini kita bisa menyaksikan bagaimana akulturasi dua budaya, Jawa dan Tionghoa berlangsung. Ketandan merupakan salah satu kampung pecinan yang masih kuat menjaga tradisi.

Di kampung inilah perayaan Pekan Budaya Tionghoa dipusatkan.

Ketandan masuk dalam kawasan Malioboro. Karena itu, sambil menikmati pedestrian baru di Jalan Malioboro, kita bisa merasakan suasana Imlek di kampung yang telah dihuni etnis Tionghoa ini sejak abad ke-18.

Selain mengunjungi Ketandan, kita juga bisa menyambangi sejumlah kampung lain yang juga banyak dihuni etnis Tionghoa, seperti Gandekan, Ngabean, Ngadiwinatan, dan Suranatan. Masih di dekat Malioboro, kita juga bisa berkunjung ke Klenteng di Gondomonana.

Festival Of Light di Kaliurang

Ini adalah festival lampion yang diadakan khusus untuk menyambut tahun baru. Digelar hampir dua bulan penuh, sejak 8 Desember lalu hingga 29 Januari, sehari setelah perayaan Imlek.

Festival Of Light di Kaliurang

Ide sederhana tapi kreatif dari festival ini adalah menyulap taman bermain menjadi taman lampion yang indah nan romantis. Berkunjung ke Gardu Pandang di Turgo, sembari menyaksikan keindakan puncak Gunung Merapi, kita bisa menyaksikan berbagai jenis lampion cantik, Mulai dari istana, rumah hantu, hingga naga raksasa. Pada malam penutupan festival akan ada pertunjukan lampion barongsai.

Berlangsung sampai 29 Januari 2016

Pukul 17.00 – 22.00 WIB

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here