Yogyakarta – Gerakan Rakyat Pancasila Daerah Istimewa Yogyakarta yang bersamaan dengan peringatan hari lahir pancasila diadakan di Pagelaran Kraton Yogyakarta.

Gerakan Rakyat Pancasila di awali dengan Orasi Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam rangka memperingati Hari Pancasila. Saya mengajak seluruh masyarakat unuk membangkitkan Pancasila dari Jogja untuk Indonesia, Ujar Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam orasinya.

Gerakan Rakyat Pancasila? merupakan gerakan mengikrarkan Panca Maklumat Rakyat yang dipimpin oleh Ir. Lestanta Budiman, M.Hum. lalu diikuti seluruh rakyat. Panca Maklumat Rakyat berisikan 5 pernyataan yang meliputi :

  1. Gerakan Rakyat Pancasila Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan bahwa kedudukan Pancasila sebagai dasar Negara Kesauan Republik Indonesia sudah menjadi keniskayaan ideologis bersifat fundamental dan abadi setelah pada puncak revolusi kemerdekaan, dwi tunggal pemimpin Yogyakarta kala itu Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paduka Pakualam VIII menyatakan mendukung Proklamasi Kemerdekaan 17 Agstus 1945 dan bergabung ke Republik Indonesia. Sikap kebangsaan dwi tunggal ini mengandung konsekuensi bagi segenap komponen masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk senantiasa menjadi patriot sejati pembela nusa dan bangsa.
  2. Gerakan Rakya Pancasila daerah Istimewa Yogyakarta mendukung penuh penyelenggaraan Negara dan menjaga kedaulatan Negara dan keutuhan bangsa dari sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote berdasarkan Pancasila dan konstitusi UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
  3. Gerakan Rakyat Pancasila Daerah Istimewa Yogyakarta menegaskan bahwa Pancasila adalah falsafah hidup berbangsa yang menjadi modal untu bersatu, maju dan meraih kejayaan bangsa. Falsafah hidup Pancasila adalah karunia Tuhan yang tiada tara karena memberi ruang kehisupan damai kepada fitrah kemajemukan. Oada ideology lain, tiada falsafah hidup lain yang genetiknya seperti pancasila ! Tidak untuk demokrasi liberal! Tidak untuk kapitalisme !Tidak untuk Komunisme ! tidak untuk Negara agama ! Pancasila adalah puncak perjanjian uhur bangsa Indonesia yang berisikan kristalisasi nilai-nilai peradaban Nusantara yang niscaya selalu relevan.
  4. Gerakan Rakyat Pancasila Daerah Istimewa Yogyakarta menyerukan kepada semua warga bangsa elakukan eakan nyata mebumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mari wujudkan bangsa Indonesia sebagi bangsa yang berKetuhanan yang engedepankan peri-kemuanusiaan dan persatuan nasional, dan yang menempuh jalan musyawarah musfakat dalam menyejahterahkan rakyat lahir dan batin.
  5. Gerakan akyat Pancasila daerah Istimewa Yogyakarta menyerukan kepada penyelenggara Negara unuk bersikap tegas tanpa kompromi terhadap anasir-anasir yang terindikasi mrongrong dan berupaya secara terbuka maupun ertutup hendak mengganti dasar eaa Pancasila dan meruntuhkan NKRI serta mengganti San Saka Merah Putih. Kemerdekaan Indonesia di perjuangkan dengan imbalan nawa para pahlawan bangsa, dan dengan darah adan air mata para pendahulu kita, yang keseuanya merupakan harga ang telah beliau-beliau bayar untuk lebebasan dan kenikmatan yang kita alami sekarang. NKRI saat ini adalah NKRI yang telah teruji mengatasi berbagai upaya penghancuran aik dari dalam maupun dari luar, dan semakin terbukti bahwa kelesarian NKRI dankelestarian ancasila adalah satu, sebagimana nyawiji-nya pemimpin Yogyakarta dan rakyatnya mempertahankan jiwa bangsa. Rawe-rawe rantas malang malang putung. Sradira jayaning kang rat, lebur dening pangastuti.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here