Sebagai wujud untuk membangkitkan kebudayaan di Kampung Musikanan, bersama Dinas Pariwisata DIY Kampung Musikanan menyelenggarakan Festival Budaya Kampung Musikanan pada hari Minggu (16/7). Kampung Musikanan merupakan Kampung yang dahulunya sebagai ?tempat tinggal abdi dalem yang bertugas menghibur Keluarga Keraton dalam bidang Musik.

Festival Budaya Kampung Musikanan yang bertemakan Merayakan Kebhinekaan Musik Nusantara tersebut terdiri dari beragam kegiatan yang digelar di tiga panggung. Panggung pertama ?Panggung Montecalo di depan SDN Keputren, panggung ke-dua Panggung Djoned di depan Puskesmas Keraton,dan panggung ke-tiga Panggung Miss Surip di depan Bludiran. Rangakain acara akan diawali karnaval musik setelah itu ada pentas musik tiga panggung, bazar dan kerajinan dari kelompok UKM Musikanan, dan Kelompok Industri Kreatif dan Komunitas Organik Indonesia sebanyak 50 kelompok. Jelas Priyo Mustiko Ketua Panitian Festival Budaya Kampung Musikanan.

Sekretaris Dinas Pariwisata DIY Rose Sutikno, SH. MM ?menjelaskan bahwa dalam kesempatan ini Dinas Pariwisata memfasilitasi untuk menumbuhkan kembali budaya bermusik di Kampung Musikanan. Banyak seniman yang lahir di Kampung Musikanan dan akhirnya hijrah ke Kota lain, dengan adanya Festival Budaya Kampung Musikanan diharapkan budaya bermusik dapat hidup dan berkembang. Dengan adanya fasilistas dan dorongan dari Dinas Pariwisata DIY, diharapkan Festival Budaya Kampung Musikanan yang baru pertamakali di adakan dapat terus berkembang dan membangun kembali budaya bermusik di Kampung Musikanan. (Dewi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here