TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA –Yogyakarta memiliki sederet spot untuk menikmati panorama sunset dan sunrise nan eksotis.

Panorama alam yang menyuguhkan eksotisme sunset selalu menjadi tujuan utama wisatawan ketika berkunjung ke kota Yogyakarta.

Salah satu Spot yang menawan untuk menikmati sunset yang menawan yaitu di Embung Tambakboyo.

Tentu bagi sebagian besar masyarakat kota Yogyakarta sudah mengenal embung Tambakboyo yang terletak di dusun Tambakboyo, Mancasan, Condongcatur, Depok Sleman ini.

Embung Tambakboyo
Embung Tambakboyo (tribunjogja/gilang satmaka)

Embung dengan luas sekitar 7,8 hektar tersebut, memiliki panorama alam yang indah dan menawan. Embung tersebut juga mempunyai volume tampungan genangan air sebanyak 400.000 meterkubik.

Di sore hari Suasana embung Tambak boyo tersebut sangat indah, selain itu banyak orang yang memanfaatkan tempat tersebut untuk berolahraga.

Matahari sore yang mulai menguning menyinari sisi-sisi bangunan embung dan permukaan air, memendarkan cahaya dari permukaan air menggaris yang indah.

Embung Tambakboyo
Embung Tambakboyo (tribunjogja/gilang satmaka)

Selain itu aktifitas para pemancing, juga menjadi pemandangan yang tak kalah menarik, para pemancing yang duduk dipinggir embung, dapat menjadi foto human interest yang menarik bagi pecinta fotografi.

Keramahan para pedagang di pinggir embung, dapat menjadi teman berbincang yang asyik bagi para pengunjung.

Sambil menunggu sunset, di sore yang cerah, anda juga dapat menikmati panorama gunung merapi yang megah di sisi utara embung.

Asap tipis yang keluar dari Merapi seolah memperlihatkan bahwa masih aktifnya gunung api tersebut.

Embung Tambakboyo
Embung Tambakboyo (tribunjogja/gilang satmaka)

Beberapa pengunjung yang datang di embung Tambakboyo sore itu memang bertujuan untuk memancing sembari menikmati sunset. Seperti yang dilakukan Hardi, ia datang mulai pukul empat sore untuk memancing.

“Kalau cerah begini biasanya saya datang mulai pukul empat, ya itung-itung untuk melepaskan lelah saya, setelah pulang bekerja,” ujar Hardi.

Ia menceritakan juga bahwa biasanya ia memancing bisa sampai pukul sembilan malam, jika cuaca cerah.

Tiba saatnya menunggu hal yang dinanti, tepat pada pukul 17.15 WIB, matahari berubah menjadi jingga kemerahan, semburat oranye mulai berpendar di langit yang cerah. Sunset nan Eksotis nampak megah di sebelah barat.

Embung Tambakboyo
Embung Tambakboyo (tribunjogja/gilang satmaka)

Ditemani burung Sriti yang beterbangan indah di permukaan embung, menjadikan nuansa sore itu nampak indah.

Orang-orang juga mulai nampak beristirahat dari aktifitas olahraganya. Mereka mulai duduk-duduk dan bersantai di penggir embung untuk menikmati hilangnya sang surya yang megah di sore hari.

Embung Tambakboyo dan Sunsetnya menjadi panorama alam yang eksotis, untuk sejenak melupakan rutinitas sehari-hari dan menikmati nuansa senja di kota Yogyakarta.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here