Hari Selasa (1/10) kemarin merupakan Selasa Wage dimana jalan Malioboro terbebas dari kendaraan bermotor. Penutupan ini berlangsung dari pukul 6 pagi hingga 10 malam. Beberapa titik hiburan sudah disiapkan oleh Dinas Pariwisata DIY, Dinas Kebudayaan DIY dan stakeholder lainnya untuk menghibur pengunjung yang datang untuk menikmati Selasa Wage di Malioboro.

Salah satu titik hiburan dan merupakan titik paling utara adalah pertunjukkan di depan Hotel Grand Inna Malioboro. Dimulai sejak pukul 3 sore dengan acara talkshow dari Airnav atau Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia dengan mensosialisasikan keselamatan penerbangan. Demi menjaga keselamatan penerbangan perlu diperhatikan ketiga bermain layang-layang, drone, sinar laser, balon udara dan lampion karena hal tersebut dapat mengakibatkan gangguan keselamatan penerbangan.

Di sela-sela talk show diselingi dengan permainan biola oleh anak-anak menggemaskan dari Komunitas Biola Yogyakarta yang sudah mahir memainkan alat musik gesek tersebut. Penampilan mereka berhasil mendapat tepuk tangan yang meriah dari penonton.

Diwaktu yang sama, Grand Inna juga menjadi titik start pawai batik dari Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad mengkampanyekan Cinta Batik dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. Seluruh peserta kampanye mengenakan pakaian bernuansa batik dan mengajak pengunjung untuk memakai dan mencintai pakaian tradisional Indonesia ini.

Sehabis kumandang adzan magrib, pertunjukan di depan Grand Inna Malioboro dilanjutkan dengan penampilan dari Keroncong Nahoga dengan melantunkan musik-musik yang menenangkan hati. Image keroncong juga bisa berubah, tidak melulu musik untuk orang tua, namun bisa dinikmati oleh semua kalangan. (san/dna)