Pembangunan Bandar Udara YIA (Yogyakarta International Aiport sudah mencapai 90%. Rencananya bandara YIA akan beroperasi penuh untuk penerbangan domestik dan internasional pada bulan Maret 2020 mendatang. PT Angkasa Pura 1 akan memindahkan secara penuh penerbangan domestik dan internasional dari Bandara Adisutjipto yang saat ini sudah kelebihan kapasitas ke Bandara YIA.

YIA memiliki fasilitas terminal tiga lantai yang dapat menampung 20 juta penumpang per tahun. Landasan pacunya memiliki runaway sepanjang 3250 x 45 meter yang dengan spesifikasi ini mampu untuk mendarat pesawat berbadan besar. Sementara fasilitas Penyelamatan Kecelakaan Pesawat dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) di YIA masuk ke dalam kategori 8. YIA juga dilengkapi dengan apron seluar 371205 meter persegi yang berkapasitas 22 parking stand.

Saat ini, YIA telah melayani 13 rute penerbangan domestik seperti Samarinda, Halim Perdanakusuma, Makassar, Banjarmasin, Palangkaraya, Cengkareng, Pontianak, Tarakan, Denpasar, Balikpapan, Batam dan Medan. Rute penerbangan tersebut dilayani oleh maskapai Batik Air, Lion air, Garuda dan Citilink.

Dengan operasional penuh Bnadara YIA mendatang, diharapkan target kunjungan wisatawan ke Yogyakararta akan terpenuhi atau bahkan melampau target. Hal ini juga bisa meningkatkan pendapatan daerah dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke DIY. (san/dna)