Ayam bakar, makanan yang sangat populer bagi warga Indonesia, bahkan si hitam manis ini sudah tersebar di seluruh Indonesia karena banyak orang yang menyukainya. Tak heran lagi jika melihat di berbagai daerah terdapat ayam bakarnya masing-masing. Termasuk di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kalian sedang berkunjung ke Yogyakarta tidak afdol jika tidak menjajal kuliner ayam bakar yang satu ini yaitu Ayam Bakar Artomoro. Ayam bakar ini terletak di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km.7,8 No. 30 A Sleman, Yogyakarta atau memiliki jarak 6 Km dari Tugu Jogja dengan waktu perjalanan 20 menit. Ayam bakar ini memiliki ayam bakar yang berbeda dibanding dengan ayam bakar kebanyakan. Karena Ayam Bakar Artomoro ini dimasak dengan bumbu pedas terlebih dahulu sebelum dibakar.

Ayam Bakar Artomoro ini tak hanya menyediakan menu ayam bakar pedas saja, namun juga ada ayam bakar manis beserta menu pedamping seperti sayur asam, petai, tahu, dan tempe. Kamu pecinta ati ampela dan kepala ayam bakar juga bisa memesan di sini Ihoo.. Dan cobain juga sayur asamnya yang cukup menyegarkan. Jangan takut kehabisan, karena disetiap harinya, Ayam Bakar Artomoro menyediakan 200 hingga 300 potong ayam bakar. Jangan lupa juga untuk mencoba menu minuman andalannya berupa kopi klothok atau es timun keruk. Cocok banget untuk menyesuaikan makan siang, sore atau malam kalian karena jam buka resto ini dari jam 10.00 hingga 21.00 WIB,

Proses Memasak Ayam Bakar Artomoro

Tak heran jika, citarasa dari Ayam Bakar Artomoro ini super duper enak dan bikin ketagihan, karena proses memasaknya pun memakan waktu hingga 5 jam. Gimana si bumbu itu tidak meresap sampai ke dagingnya kalau memasaknya selama lima jam. Ayam bakar yang digunakan adalah ayam kampung dan dimasak dengan api kecil bersama dengan beragam bumbu rempah seperti bawah putih, bawang merah, cabai, dan serai. Tambahan lainnya adalah santan suapaya ayam semakin gurih. Proses pemasakannya pun dilakukan dua kali. Pertama, ayam dimasak dengan air yang cukup banyak hingga air rebusan tersebut tinggal menyisakan bumbu dan ayamnya saja. Kedua, ayam yang sudah direbus dimasak kembali bersama endapan bumbu pedas tersebut.

Setelah semua proses memasak selesai, selanjutnya ayam mulai dibakar. Ketika ayam disajikan, bumbu pedas itu dijadikan sebagai topping atau bumbu oles. Dengan proses yang cukup panjang itulah menghasilkan ayam bakar yang benar-benar enak dan empuk serta bumbunya yang pedas meresap hingga ke dagingnya.

Harga Ayam Bakar Artomoro

Dengan rasa yang gak ada duanya, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Sepotong ayam bakar dihargai Rp 17.900. Jika ingin menambah nasi, kamu bisa mengambil sepuasnya dengan membayar Rp 4.000 per orang. Selain itu, Ayam Bakar Artomoro juga menyediakan paket nasi box dengan kisaran harga mulai Rp 22.000 hingga Rp 24.000. Resto ini juga menyediakan layanan delivery gratis dengan syarat berjarak  kurang lebih 5 Km dari resto, dan adanya fasilitas toilet dan mushola juga menambah kenyamanan bagi pelanggan yang makan di tempat.