Topeng Batik Kayu sebagai kerajinan andalan Desa Wisata Bobung

Desa Wisata Bobung secara administratif merupakan dusun yang berada di desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Desa wisata Bobung sendiri diresmikan oleh Pemkab Gunungkidul pada tahun 2001 menjadi desa kerajinan topeng batik kayu.

Sejarah pembuatan topeng kayu dimulai dari kebiasaan masyarakat sekitar dengan menggelar pentas seni tari topeng setiap musim panen tiba sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME, yaitu tarian Topeng Pandji. Konon yang memulai tradisi ini adalah Sunan Kalijaga sebagai media penyebaran dakwah Islam. Hingga kini tarian topeng pandji masih sering dipentaskan sebagai daya tarik wisata di desa ini.

Dari sinilah ide pembuatan topeng kayu batik muncul dari seorang penari bernama Sajiman. Awalnya topeng kayu hanya diproduksi untuk keperluan pentas tari saja, kemudian merambah sebagai hiasan rumah, dan hingga kini ada sekitar 800 pengrajin topeng kayu batik di desa ini. Bentuk topeng yang diproduksi juga memiliki kekhasan tersendiri, yaitu mirip tokoh wayang purwa yang matanya tertarik ke atas dan hidung lancip. Tidak lupa juga dengan ukiran dan pewarnaan topeng kayu yang menambah keindahan topeng.

Kerajinan batik kayu desa wisata Bobung berkembang tidak hanya berbentuk topeng saja. Berbagai kerajinan batik kayu seperti nampan, gantungan kunci, wayang dan bentuk-bentuk lainnya juga diproduksi disini.

Dengan statusnya sebagai desa wisata, workshop-workshop pembuatan batik kayu terbuka untuk umum. Para wisatawan bisa melihat bagaimana pembuatan kerajinan batik kayu diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar.

Selain fasilitas workshop, parkir yang memadai, dan kamar mandi umum, wisatawan juga bisa mengunjungi galeri/ruang pameran untuk melihat berbagai karya seni batik kayu dari para pengrajin. Disediakan juga layanan home visit bagi para wisatawan yang ingin langsung belajar membuat kerajinan batik kayu.

Desa wisata Bobung dapat diakses dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Lokasinya yang berdekatan dengan jalan Jogja-Wonosari memudahkan akses wisatawan untuk berkunjung ke desa wisata Bobung.

Desa Putat, Patuk, Gunung kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Telp: +62-813-92046433