Pelatihan peningkatan marketing dan kualitas produksi gula semut sebagai sentra produksi Hargotirto baru saja berlangsung hari Selasa tanggal 18 Agustus 2018, bertempat di Joglo Budaya Segajih, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo. Kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan Kemitraan Satu Hotel Satu Desa Wisata. Pelaksanaan kegiatan tersebut diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari produsen gula semut di Hargotirto, Kokap, Kulon Progo. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY Ir. Aris Riyanta, M.Si., serta Dra. Hj. Niken Probo Laras, S.Sos, MH selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo, Biro Perekonomian Sekda DIY, Dinas Perindag DIY, Dinas Koperasi DIY, Manager Hotel Bintang 4 dan Bintang 5 di DIY dan pelaku serta stakeholder pariwisata lainnya.

Kegiatan pelatihan yang diberikan oleh Dinas Pariwisata DIY bagi pembuat Gula Semut antara lain meningkatkan kualitas mutu produksi menuju ke ekspor. Materi tentang pengemasan produk Gula Semut untuk lebih menarik dalam pemasaran diberikan oleh Dinas Perindag DIY. Kemudian Andy Rahmat Santoso memberikan materi tentang teknik marketing yang efektif dalam menghadapi pasar global. Dinas Koperasi DIY juga memberikan materi mengenai syarat dan pembentukan koperasi.

Dengan pelatihan ini diharapkan masyarakat di Desa Hargotirto yang memproduksi gula semut akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan mengenai peningkatan kualitas mutu serta marketing sehingga produk gula semut bisa menjadi produk unggulan di DIY khusus di Kulonprogo.

Kepala Dinas Pariwisata DIY berharap dari program ini produk gula semut di Hargotirto bisa termanfaatkan di sektor pariwisata khususnya pada perhotelan dan restoran yang ada di DIY, sehingga dapat meningkatkan pendapatan di masyarakat Hargotirto, Kokap, Kulon Progo.

Sumber: Seksi Kelembagaan, Bidang Kapasitas Dinas Pariwisata DIY

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here