Foto : @sermoglamcamp

Camping merupakan aktifitas menyenangkan yang banyak dilakukan oleh anak muda. Selain bisa mendekatkan diri kepada teman yang lain, membuat jarak antara seseorang lebih mencair, masih banyak pula aktifitas yang bisa dilakukan selama camping.

Pemilihan tempat juga menjadi penentu apakah aktifitas camping tersebut dapat berjalan dengan baik. Jika Anda hendak melakukan aktifitas camping di Yogyakarta, Anda bisa menggunakan camping waduk sermo sebagai tempat inap. Anda bisa camping disana baik di akhir pekan, hari libur, maupaun saat hari kerja biasa.

Lokasi Camping Waduk Sermo

Tempat wisata sekaligus tempat camping ini terletak di Kulon Progo, Yogyakarta. Jadi untuk mengakses tempat ini Anda tidak perlu merasa kesulitan karena jalan yang sudah rapi dan nyaman untuk dikendarai berbagai kendaraan. Anda disarankan menggunakan kendaraan pribadi, sebab untuk mencapai lokasinya langsung tidak ada kendaraan umum yang tersedia.

Karena dekat dengan waduk, maka pemandangan dan kontur tanahanya cukup stabil. Cocok untuk berbagai aktifitas luar ruangan yang membutuhkan tempat luas dan sedikit penghalang. Anda bisa datang ke tempat camping ini sendiri, bersama teman maupun dengan keluarga.

Keunggulan Camping Waduk Sermo

Dibandingkan dengan tempat camping lain yang ada di Jogja, maka tempat camping ini lebih banyak direkomendasikan. Hal tersebut bukan tanpa sebab, banyak aspek yang membuat tempat wisata ini lebih unggul, diantaranya adalah:

  1. Tempat Wisata Sekaligus Tempat Camping

Jika Anda ingin camping sekaligus menikmati wisata alam, maka camping waduk sermo bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya menyediakan lahan yang luas untuk memasang tenda dan melakukan kegiatan, Anda juga bisa menikmati keindahan pesona alam yang ada disekitarnya.

2. Pemandangan yang Indah

Waduk Sermo memiliki pemandangan asri yang indah, sehingga cocok untuk Anda yang ingin melepaskan beban sejenak dari wilayah perkotaan. Hamparan rumput yang hijau akan menyambut Anda ketika datang ke tempat wisata ini, sehingga Anda bisa langsung menikamti pesona alam yanga da.

Tidak hanya hamparan rumput, Anda bisa melihat bagaimana Waduk Sermo beroperasi dan memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. Anda juga dapat mengakses air di waduk tersebut dengan lebih mudah, berkat keran air yang tersedia di sekitarnya.

3. Melihat Matahari Terbit

Tempat yang luas dan tanpa halangan di waduk sermo bisa menjadi nilai plus untuk Anda yang ingin melihat matahari terbit. Setelah penat melakukan camping seharian dan tidur, di pagi harinya Anda akan disambut dengan matahari yang terbit dari ufuk timur. Inilah pemandangan yang sering dicari oleh mereka yang sedang camping di tempat wisata ini.

4. Melihat Aktifitas Penduduk Lebih Dekat

Waduk Sermo di tempat camping waduk sermo masih beroperasi sampai sekarang, airnya juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai kebutuhan. Maka jangan heran ketika mampir ke tempat wisata ini Anda bisa menemukan masyarakat yang sedang memancing, menjaring bahkan melakukan aktifitas di pinggiran waduk.

Apalagi dengan adanya udara yang segar dan angin sepoi-sepoi, banyak masyarakat sekitar yang memilih tempat ini untuk bersantai. Penduduk desa juga cukup ramah kepada wisatawan yang berkunjung, baik untuk melakukan camping ataupun sekedar menikmati pemadangan.

Fasilitas dan Informasi Lengkap Mengenai Waduk Sermo

Anda yang tertarik untuk datang ke tempat wisata dan camping ini, ada baiknya mengetahui berbagai biaya untuk melakukan penyewaan maupun biaya retribusi yang ditetapkan, diantaranya adalah:

  1. Biaya Sewa Tenda

Untuk Anda yang ingin camping, Anda bisa menyewa tenda dengan harga 50 ribu rupiah untuk satu malam. Kapasitasnya empat orang, sehingga muat untuk Anda yang datang berkelompok. Jika merasa kurang puas, Anda juga bisa menyewa matras yang disediakan oleh pengelola.

2. Biaya Camping

Untuk camping, Anda hanya perlu membayar 10 ribu rupiah untuk satu orang per malamnya. Harga tersebut cukup terjangkau, sebab sudah banyak fasilitas yang tersedia di dalamnya dan bisa dimanfaatkan sekaligus.

Selain dua biaya tersebut, jangan lupa untuk membayar biaya parkir ketika hendak berkunjung ke camping waduk sermo. Untuk harga parkirnya cukup terjangkau, yang dibedakan berdasarkan jenis kendaraan yang Anda miliki.