Keterangan foto : Menteri pariwisata didampingi Kadispar DIY mengunjungi salah satu Desk Pelaku Indutri (PT. Werkudara T n T) dari DIY di acara ITB Berlin, Messe Sud, Berlin, Jerman tgl 6 Maret 2019

Dalam Rangka meningkatkan jumlah dan mencapai target jumlah kunjungan Wisatawan k DIY, khususnya wisatawan dari negara Eropa, Dinas Pariwisata DIY bersama dengan pelaku industri di DIY, mengikuti kegiatan Travel Fair ITB ( Internationale Tourismus Borse) Berlin pada tanggal 6-10 Maret 2019 , bertempat di Gedung Messe Berlin, Jerman.

Acara pembukaan, dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2019, pukul 10.00 waktu Berlin, Bapak Menteri Pariwisata, Arif Yahya hadir di Paviliun Indonesia yang nampak menarik dan unik dengan tampilan both Kapal Pinishi, dengan dekorasi iconic khas Bali, beliau bertemu dengan semua pejabat perwakilan dari daerah yg mengikuti kegiatan ITB Berlin, serta mengundang bbrp mitra dari Media, dan Airlines al dari Qatar, Ethihat, dan Turkeys Airlines utk diskusi mengenaai peningkatan parwisata dengan jejaring merjasama dalam bidang pariwisata. Menteri Pariwisata RI juga melakukan kunjungan ke hampir semua desk atau booth, untuk lebih mendekatkan dan mandapat masukan dari peserta pelaku industri peserta ITB berlin, termasuk Indonesia.

Pada kesempatan ini Dinas Pariwisata DIY menempati booth Kementrian Pariwisata RI, di Paviliun Indonesia , dengan mengikutsertakan 4 orang Travel agency untuk dapat mengikuti Bussiness Meeting atau B to B sebagai seller. Bersama dengan pelaku industri lainnya dari seluruh indonesia sebanyak 96 pelaku industri yang terdiri dari travel agency dan hotel termasuk dr DIY, menawarkan paket paket wisata yg dikemas dengan sedemikian menarik sesuai dengan pangsa pasar eropa. Dinas Pariwisata DIY menyiapkan paket wisata 3 Days 2 Night, dan 4 days 3 nights utk paket eropa yang lebih mengunggulkan heritage yang ada di DIY, namun tdk menutup kemungkinan utk optional memasukkan paket kunjungan ke destinasi destinasi baru.

Pada penghelatan Event B to B di hari pertama, sebagian besar pengunjungi di Desk DIY sangat terkesan dan tertarik untuk mengunjungi DIY, nampak dari pembicaraan yang semakin intens terhadap paket wisata yang ditawarkan. Untuk lebih mengoptimalkan promosi potensi wisata dan budaya DIY, Dinas Kebudayaan DIY menampilkan Tarian di panggug paviliun Indonesia.  Partisipasi Dinas Pariwisata DIY dalam mengikuti kegiatan ITB Berlin adalah untuk lebih meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan khusunya Eropa yang selama ini menduduki peringkat pertama kunjungan ke DIY, menjadi lebih tinggi lagi dan, meningkatkan LOS yang selama ini masih di angka 1.9 hari, dan diharapkanakan mencapai target yg telah ditetapkan sebesar 2.3 hari,

Sumber: Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran, Dinas Pariwisata DIY.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here