Foto : @kulinerofjogja

Pada umumnya, warung makan atau kedai yang menjual bakso juga akan menjual mie ayam. Makanan yang sangat merakyat ini sudah tersebar luas di Indonesia. Bahkan, bisa dibilang bahwa kedua jenis makanan ini sudah ada di seluruh penjuru tanah air.

Tidak semua kedai menjual kedua jenis makanan itu sekaligus, ada yang hanya menjual bakso atau mie ayamnya saja. Namun, pada umumnya banyak kedai yang menjual kedua jenis makanan ini sekaligus.

Pelanggan dari jenis menu makanan ini tidaklah terbatas atas kalangan dan kelas. Dimana Anda bisa menikmati kedua jenis makanan ini baik di kedai yang ada di pinggir jalan maupun yang ada di restoran.

Jika Anda sedang berlibur ke Yogyakarta, dan ingin menikmati kuliner bakso, maka Anda bisa mencoba bakso idola Jogja. Tempat makan ini terbilang sangatlah luas dan besar. Dimana tempat parkirnya akan selalu terlihat ramai dan penuh oleh kendaraan para pelanggan.

Pengunjung yang datang tidak hanya dari kota Jogja saja, namun juga berasal dari berbagai kota lain yang penasaran dengan rasa yang ditawarkan oleh bakso idola ini.

Bisa dibilang bahwa dengan banyaknya pengunjung yang datang ke warung bakso idola ini menandakan bahwa bakso idola ini memang benar-benar menjadi idola bagi setiap pengunjung yang datang, terlebih untuk masyarakat Jogja.

Di warung ini terdapat banyak sekali tempat makan lesehan dengan meja tanpa kursi. Mungkin hal ini ditujukan untuk mengantisipasi terjadinya ledakan pengunjung sehingga bisa menampung cukup banyak pengunjung yang datang.

Dari segi bangunannya sendiri terlihat dibagi menjadi dua bagian. Dimana bagian pertamanya adalah tempat bakso dan mie ayam diracik, dan bagian keduanya adalah tempat dimana para pengunjung duduk untuk menunggu pesanannya datang.

Sejarah Bakso Idola

Mie ayam dan bakso idola Jogja ini pertama kali didirikan pada tahun 1967. Warung ini bisa mempertahankan eksistensinya hingga saat ini tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilalui, tentu ada banyak sekali perjuangan yang dilakukan hingga bisa mencapai titik ini.

Namun, dengan lamanya tempat ini berdiri tentu mampu menjadi bukti bahwa memang bakso idola ini sangatlah melegenda dan tidak bisa disepelekan kualitasnya. Maka dari itu, tidak lengkap rasanya jika Anda berlibur ke Jogja namun belum mencicipi bakso idola ini.

Terlebih jika kondisi cuaca sedang hujan, maka sangat pas sekali jika Anda mengkonsumsi segar dan hangatnya bakso idola ini. Dijamin, rasanya yang enak akan memanjakan lidah Anda dan membuat perut hangat sekaligus kenyang.

Menu Bakso Idola

Ada beberapa jenis menu bakso dan mie ayam yang ada di bakso idola Jogja ini. Nah, bagi Anda yang suka dengan menu makanan bersensasi tulang, maka Anda pun bisa memesan menu bakso rusuk.

Satu porsi bakso rusuk terdiri dari bakso dan tulang rusuk yang masih terdapat daging di sekitarnya. Mungkin bisa dibilang hampir sama dengan jika Anda menikmati hidangan seperti bakso tulang sapi, ya.

Selain itu, di warung bakso idola ini juga dikenal dengan baksonya yang begitu terasa dagingnya atau yang sering disebut dengan ‘ndaging’. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan harganya, maka tidak perlu risau lagi.

Di warung bakso idola ini, semua menunya memiliki harga yang sangat ramah dikantong, yakni mulai dari harga 2 ribu rupiah saja hingga 20 ribu rupiah. Selain menyediakan beragam menu bakso dan mie ayam, ternyata warung bakso idola Jogja ini juga menyediakan berbagai olahan minuman segar.

Jam Operasional

Jika Anda tertarik untuk datang berkunjung dan menikmati sajian lezat dari bakso idola ini, maka Anda bisa datang sejak pukul 10 pagi hingga pukul 9 malam. Namun, hal ini juga sering ditentukan dari seberapa banyak pengunjung yang datang di hari tersebut.

Sekedar info, bagi Anda yang tidak menyukai rasa asin, maka akan mengatakan bahwa rasa kuah dari baksonya terlalu asin. Padahal, cita rasa segar dan gurih yang dihadirkan sudah sangat pas di lidah.

Demikianlah perjalanan wisata kuliner ke bakso idola Jogja yang bisa Anda simak. Semoga dengan ini bisa sedikit melegakan rasa penasaran Anda akan bakso idola ini.