Gelaran Tour de Jogja 2019 yang berlangsung kemarin hari Minggu 17 Maret 2019, diikuti oleh kurang lebih 1200 pesepeda, dan peserta menempuh jarak 142 kilometer untuk mencapai garis finish. Start pertama dimulai pukul 06.00 WIB dari area parkir Ramayana Ballet kemudian melewati beberapa area yang ada di D.I Yogyakarta meliputi  Prambanan-Cangkringan-Pakem-Turi-Tempel–Sayegan–Minggir–Nanggulan–Pengasih-Sentolo–Moyudan–Sayegan-Cebongan–Pendowoharjo–Rejodani–Gentan-Kalasan- finish di Candi Prambanan.

Dalam acara ini selain olahraga para peserta juga memperoleh pengalaman menarik karena melewati beberapa destinasi wisata.Gelaran Tour de Jogja 2019 mengusung tema “Exploride for Happiness Life” berjalan semarak dan diikuti sangat antusias oleh para peserta meski sejak pagi hari candi Prambanan sudah diguyur hujan cukup deras.

Tour de Jogja 2019 kali ini bukan hanya diikuti oleh peserta dari Indonesia tapi juga diikuti oleh peserta dari beberapa negara diantaranya; USA 2, Kanada 1, Belgia 1, Singapura 4, dan Malaysia 7. Para peserta dari luar negeri ini memang tidak mengikuti race, mereka hanya mengikuti kategori No Race.

Beberapa kategori yang ditawarkan pada Tour de Jogja kali ini diantaranya meliputi; Men Under 30, Women Open, Men 30-40, Men 40-50, Men 50-60, Folding Bike Race, No Race, Kolektif Komunitas, dan VIP. Untuk mencapai garis finish para peserta diharuskan melewati 3 check point yang sudah ditentukan, diantaranya melewati Check Point (CP) 1 yang berada di sumber agung, CP 2 berada di SD Gembongan, dan CP 3 berada di SD Gentan. Sekitar pukul 12:30 WIB para peserta sudah mulai memasuki garis finish di kompleks Candi Prambanan yang bertempat di area parkir Ramayana Ballet.

Rangkaian acara Tour de Jogja 2019 pun diakhiri dengan pemberian hadiah untuk para peserta yang memperoleh juara. Hadiah yang diberikan pada Tour de Jogja kali ini mencapai 50 juta rupiah serta beberapa doorprize diantaranya 1 Road Bike, 5 MTB, 2 frame FNHON, 3 Groupset Road, 1 Gps bryton 530. (san/yas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here