Jogja International Travel Mart (JITM) 2019 kembali diselenggarakan pada tanggal 1-4 Juli 2019 dengan Royal Ambarukmo menjadi tempat dilangsungkannya agenda utama JITM. JITM merupakan acara berkelas tinggi di mana Yogyakarta dan sekitarnya sebagai penyedia perjalanan wisata dapat bertemu pembeli utama dari industri perjalanan wisata international. Selain itu juga menjadi platform yang sangat efisien untuk proses jual beli perjalanan wisata yang juga menyajikan berita dan tren terbaru dalam industri pariwisata yang masuk ke Yogyakarta dan diharapkan pemberitaannya kemudian menghasilkan dorongan peningkatan perjalanan wisata ke Yogyakarta.
Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan DPD ASITA DIY dan BPD PHRI DIY untuk ke sepuluh kalinya menyelenggarakan Jogja International Travel Mart (JITM) dengan mengusung tema yang sama dengan tahun kemarin yaitu “Yogyakarta, A New Getaway to Your Journey”.
Dengan tema ini diharapkan kerjasama antara Otoritas Pariwisata Yogyakarta (Dinas Pariwisata DIY), Asosiasi Lembaga Tour and Travel Indonesia Yogyakarta (ASITA Yogyakarta) dan Asosiasi Hotel and Restoran Indonesia Yogyakarta (PHRI Yogyakarta) semakin baik dan kompak untuk memajukan industry pariwisata di Yogyakarta.
Dengan Yogyakarta menjadi tuan rumah kembali acara B2B Jogja International Travel Mart (JITM) 2019, menjadi Sebuah Gerbang Baru untuk Memulai Perjalanan Bisnis Anda dan tema ini juga dipilih sebagai wahana promosi Yogyakarta International Airport (YIA). Sehingga JITM juga sarana promosi bagi bandara baru yang diharapkan dapat menampung, serta menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Yogyakarta.Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan opportunities bisnis bagi Seller maupun Buyer.
Jogja International Travel Mart 2019 meliputi Welcome Dinner yang diadakan pada tanggal 1 Juli 2019, di area Candi Prambanan. B2B (Business To Business) networking meeting diadakan pada tanggal, 2 Juli 2019. Berbagai kegiatan social functions, serta educational trip untuk para buyers di Kasultanan Ballroom, Royal Ambarrukmo Yogyakarta menjadi lokasi berlangsungnya agenda utama dari kegiatan ini, yaitu pertemuan bisnis Buyers dan Sellers (Table Top) pada tanggal 2 Juli 2019.
JITM 2019 diikuti oleh 65 Sellers dan 127 Buyers, yaitu 65 Sellers terdiri dari Agen Perjalanan, Hotel, dan Restoran. Sedangkan 127 berasal dari 23 negara, yaitu, Malaysia, Ukraina, India, Perancis, Philipina, Singapore, Vietnam, Italia, Uni Arab Emirate, Jerman dan masih banyak lagi. Untuk tahun ini akan menggunakan metode round robbin, berupa konsep B2B Networking Meeting yang dilakukan adalah dipertemukannya para Buyers dan Sellers melalui metode bertatap muka singkat, untuk saling memperkenalkan produk dan jasa masing-masing. Apabila merasa memiliki kecocokan bisnis maka mereka diberikan kesempatan untuk menggali lebih dalam kemungkinan kerja samanya melalui kegiatan-kegiatan informal yang difasilitasi, misalnya melalui networking lunch di lokasi Table Top maupun networking dinner yang di Sahid Jaya Hotel & Convention Yogyakarta.
Di hari berikutnya 3 Juli 2019, para Hosted Buyers akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan educational trip dengan memilih antara berkunjung ke Candi Borobudur dan melakukan Lava Tour Merapi. Kegiatan ini bertujuan selain mengenalkan highlight dari pariwisata di DIY dan sekitarnya, juga untuk memperkenalkan obyek wisata lainnya.
Acara akan ditutup dengan Closing Dinner yang akan diadakan pada tanggal 3 Juli 201, di Benteng Vredeburg. Acara JITM 2019 ini juga menjadi sarana informasi awal kepada para pelaku pariwisata dan terutama memberikan informasi dini kepada para Buyers mengenai rencana YIA yang direncanakan dapat beroperasi secara penuh pada tahun 2020. Salah satu media yang digunakan adalah dengan memberikan informasi mengenai YIA, di Directory Book Jogja International Travel Mart 2019. (san/yas)