Lomba Seni Suara Burung Perkutut Nasional Pakualam Cup VII digelar hari ini (14/7) di Alun-alun Selatan Kraton Yogyakarta. Acara ini terselenggara atas kerjasama Pura Pakualaman dengan Dinas Pariwisata Yogyakarta. Pada pukul 07:30 tadi pagi, acara diawali dengan pertunjukan  tari Sekar Pudyastuti dan tari Mangastuti kemudian dilanjutkan dengan Kirab Bregodo Pura Pakualam yang membawa piala maskot Pakualam.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua P3SI, sambutan dari Kepala Dispar DIY, Bapak Singgih Raharjo, SH., M.Ed. dan sambutan dari Pura Pakualam oleh KPH Kusuma Parastha yang secara resmi membuka acara dengan melepaskan burung ke udara.

Perlombaan ini diikuti oleh sebanyak 600 burung dari seluruh Indonesia memperebutkan piala Pakualam dan uang jutaan rupiah dalam berbagai kategori lomba. Kadipaten Pakualam akan terus mendukung lomba seni suara burung sebagai upaya pelestarian serta peningkatan perekonomian warga Yogyakarta. Perlombaan ini dapat meningkatkan harga jual burung, pakan dan sangkar. Lomba ini tentunya juga menyedot animo masyarakat untuk menyaksikan perlombaan dan ini merupakan alternatif hiburan bagi masyarakat khususnya masyarakat Yogyakarta. Perlombaan ini diakhiri dengan acara lelang burung dan pembagian hadiah kepada para pemenang. (San/dna)

Lokasi