Peringatan penobatan Gunung Sewu Unesco Global Geopark yang memasuki tahun keempat digelar melalui konser musik bertajuk Geopark Night Specta 4.0. Konser ini digelar atas kerja sama Dinas Pariwisata DIY dengan Dinas Pariwisata Gunung Kidul. Acara yang menghadirkan sejumlah artis seperti Erix Soekamti, Nufi Wardhana, Gaseng Omwawes dan Nanda Candra, berhasil memukau penonton yang memadati panggung terbuka di kawasan Gunung Api Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul pada Jumat (19/7) malam.

Acara secara resmi dibuka oleh Sri Paduka Paku Alam X Wakil Gubernur DIY yang mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyampaikan  bahwa Geopark Night Specta 4.0 ini mengaktualisasi sekaligus mempromosikan kekayaan heritage Gunung Api Purba Nglanggeran. Sumber daya manusia, sumber daya budaya, sumber daya pariwisata menjadi komponen utama pembangunan ekonomi di DIY, oleh karena itu pihaknya akan senantiasa mendukung kelompok masyarakat dalam kegiatan yang berbasis kebudayaan, kesenian dan promosi wisata. Diharapkan masyarakat turut aktif melestarikan Geopark Gunung Sewu sebagai bagian dari Unesco Global Geopark Network.

Acara musik ini sengaja menambahkan hashtag 4.0 pada tema sebagai langkah pengenalan Geopark Gunung Sewu kepada generasi milenial. Selain itu artis yang dipilih juga dirasa memiliki banyak pengikut di dunia maya.

Pada acara kali ini juga ada pemberian penghargaan Gunung Sewu Award kepada kelompok masyarakat yang berkontribusi nyara dalam pengembangan situs warisan geologi berikut ini.

  1. Kategori Pilar Edukasi : Sadar Wisata Jagad Lega Ngingrong (Diserahkan oleh Staf Ahli Mendikbud RI Ananto Kusuma Seta kepada Oktiawan Setya Budi)
  2. Kategori Pemberdayaan Masyarakat : Kelompok Sadar Wisata Nglanggeran (Diserahkan oleh Kadispar Gunungkidul kepada Bpk. Mursidi)
  3. Kategori Konservasi Alam : Kelompok Sadar Wisata Kalisuci
  4. Kategori Penyebarluasan Informasi : HPI DPC Gunung Kidul (Diserahkan oleh Kadispar DIY kepada perwakilan dari HPI)
  5. Kategori Edukasi di Lembaga Pendidikan : SMA 1 Wonosari (Diserahkan oleh Erik Soekamti kepada Kepala Sekolah SMA 1 Wonosari) (san/dna)