Senin, 31 Mei 2021 bertempat di Balai Padukuhan Lemahbang, Gayamharjo, Prambanan, Sleman, Dinas Pariwisata DIY melaksanakan Survey dan Rapat Koordinasi Pekerjaan DED 1 Gayamharjo, Rapat dihadiri beberapa OPD seperti; Dinas Pertanian DIY; Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Sleman; Dinas Pariwisata Sleman; Dinas Pertanahan Tata Ruang Sleman; Lurah dan juga Pokdarwis Gayamharjo beserta perangkat desa dan tokoh masyarakat Lemahbang. Rapat dimulai dengan pembukaan dari Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Wisata Dinas Pariwisata DIY, Ibu Ellya Shari, S.ST.Par., M.M., dengan agenda acara untuk melakukan survey potensi embung dan lahan TKD yang ada di Gayamharjo untuk pengembangan wisata dan dilanjutkan dengan rapat koordinasi untuk pekerjaan DED I Gayamharjo.

Setelah dilakukan survey lokasi, rapat dilanjutkan dan disampaikan dari Lurah Gayamharjo bahwa dengan adanya survey dan langkah awal ini nanti harapannya ada tindak lanjut untuk pengembangan Gayamharjo. Bapak Lurah juga menyampaikan untuk perangkat desa untuk dapat berpartisipasi dalam mengembangkan masyarakat melalui potensi-potensi yang ada agar Gayamharjo tidak tertinggal dari desa yang lain.

Pada akhir rapat, Ibu Ellya menyampaikan kesimpulan bahwasannya pembangunan yang akan dilakukan ini adalah program pembangunan dan keinginan dari Dinas Pariwisata DIY untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Gayamharjo. Dan harapannya dengan adanya pengembangan ini, masyarakat bukan menjadi objek tetapi menjadi subjek dari pengembangan desanya ini. Kemudian Ibu Ellya menyampaikan kepada Lurah Gayamharjo untuk dapat memohon pengajuan SK, sehingga nanti bisa menjadi desa budaya, desa wisata, atau desa preneur, sehingga bisa mendapatkan kesempatan BKK DAIS untuk pengembangan wisata Gayamharjo.