Yogyakarta yang terkenal dengan kota budaya memang tidak pernah kehabisan acara setiap harinya. Sebentar lagi acara budaya yang sudah dinanti-nantikan khalayak umum tiap tahunnya yaitu perayaan sekaten memperingati Maulud Nabi Muhammad yang diselenggarkaan oleh Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat akan segera dilaksanakan.

Hari ini (03/10/2019) diadakan press conference di Bale Raos Keraton Yogyakarta mengenai pameran sekaten yang akan diadakan tanggal 01-09 November 2019 mendatang dengan narasumber yaitu GKR Bendara dan PH Notonegoro.

Sekaten merupakan salah satu event budaya yang dinanti-nantikan tiap tahunnya. Untuk perayaan Sekaten 2019 akan didahului oleh pameran Sekaten yang akan diadakan:

Tanggal : 1 – 9 November 2019

Pukul     : 09.00 – 21.00 WIB

Tempat : Bangsal Pagelaran dan Kompleks Sitihinggil Keraton Yogyakarta

Pameran sekaten tahun 2019 ini mengangkat tema “Sri Sultan Hamengku Buwono I: Menghadang Gelombang, Menantang Zaman”. Dengan beberapa topik pameran meliputi:

  • Biografi Sri Sultan Hamengku Buwono I
  • Peran Sri Sultan Hamengku Buwono dalam Sejarah
  • Karya Sri Sultan Hamengku Buwono I
  • Obyek terkait Sri Sultan Hamengku Buwono I
  • Anugerah pahlawan kepada Sri Sultan Hamengku Buwono I

Tidak hanya pameran saja karena juga akan diadakan beberapa agenda pendukung diantaranya yaitu Tur kuratorial: ulasan ahli terhadap koleksi yang dipamerkan dan dikemas dalam kegiatan diskusi terbuka, pelatihan seni yang merupakan wahana interaktif bagi masyarakat saat berkunjung ke pameran, lomba karawitan diikuti oleh kelompok karawitan tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama se-DIY, pertunjukan dan perlombaan seni yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang bagi komunitas, sanggar, ataupun institusi seni utuk dapat tampil mengisi acara setiap hari di Bangsal Pagelaran, diskusi film budaya yakni ruang diskusi terbuka bagi masyarakat umum terhadap film maupun dokumentasi budaya koleksi Keraton Yogyakarta maupun koleksi instansi lain.

So, tunggu apalagi. Catat tanggal dan hadiri acaranya Sobat Visiting Jogja! (san/yas)