Tepat pukul 06.00 pagi tadi (20/10), seusai melakukan doa bersama  ratusan peserta Jogja Heritage Trail diberangkatkan dari Dinas Pariwisata DIY. Event olahraga bersepeda ini dibuka oleh Bapak Drs. Tri Saktiyana, MM selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY dan ditandai dengan flag off didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY Bapak Singgih Raharjo, SH., M.Ed.

Dalam event ini para peserta diajak menjelajahi objek wisata warisan budaya Yogyakarta seperti Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Tebing Breksi dan Candi Ijo dengan menempuh total jarak 40 km dan total elevasi 645 m. Dari kantor Dinas Pariwisata DIY, peserta melewati rute Fly Over Janti – Jalan Solo – Jalan Raya Purwomartani – Prambanan – Piyungan – Jalan Jlatren Pereng – Pereng – Wukirharjo – Sambirejo – Candi Ijo – Tebing Breksi.

Di tempat finish wisata Tebing Breksi, para peserta disambut oleh Flashmob Line Dance dengan iringan musik DJ dari Beatus DJ School. Seusai finish sambil menikmati alunan musik DJ, para peserta menikmati hidangan tradisional dengan konsep prasmanan. Dalam event ini juga tersedia doorprize menarik bagi peserta dan pengunjung beruntung yang turut hadir di objek wisata Tebing Breksi.

Jogja Heritage Trail merupakan event yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY bekerja sama dengan komunitas Jogja Gowes. Selain untuk menjaga kesehatan, event ini juga bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata warisan budaya Yogyakarta agar kelestarian warisan budaya tetap terjaga. Diharapkan juga dengan adanya event ini, kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara lebih meningkat dari tahun ke tahun. (san/dna)