Hari Sabtu (19/10/09) telah digelar acara yang menarik bagi masyarakat umum khususnya bagi para pecinta keroncong, Pasar Keroncong Kotagede 2019 digelar dengan sukses karena mampu menyihir ratusan para pengunjung yang datang dan larut dalam euforia dan semangat menikmati alunan musik keroncong.

Dinas pariwisata DIY menyelenggarakan event ini guna tetap mengenalkan musik keroncong yang pada zaman dahulu memang terkenal dan berasal dari Kotagede, memberdayakan komunitas-komunitas dan grup-grup keroncong di Yogyakarta agar tetap berkumpul guna melestarikan genre musik ini, serta Dispar DIY juga berharap dengan adanya event seperti ini akan menambah dan memperkenalkan objek-objek wisata di Kotagede kepada khalayak umum.

Adapun beberapa penampil yang datang diantaranya ialah Orkes Pasar Keroncong feat Brian Prasetyoadi, OK Madusari feat Subarjo HS, OK Zigma (Solo), Sri Rejeki, Keroncong Pemuda Kekinian (Salatiga), OK Svarama (Semarang), OK Serenade (Klaten), OK X-Bening, Keroncong Akar 8, OK Sakenake, OK Lintang Kanistha, OK Irama Kasih, OK Adi Gita Gama dan Komunitas Keroncong Nusantara.

Tak hanya menikmati alunan musik keroncong yang syahdu, banyak juga terlihat para pengunjung yang berfoto selfie, menikmati jajanan tradisional khas Kotagede, serta berbincang ria dengan teman-teman Atau berbelanja merchandise sebagai oleh-oleh untuk orang-orang di rumah.

Tahun ini merupakan kali ke-5 diselenggarakannya Pasar Keroncong sejak tahun 2015 yang lalu. Ke depannya nanti, Pasar Keroncong Kotagede ini diharapkan akan berkembang semakin baik dan menginspirasi lebih banyak orang lagi untuk selalu berkarya. (san/yas)